Find Us On Social Media :

Hindari 12 Hal Ini Jika Ingin Bahagia

By Esra Dopita M Sidauruk, Jumat, 21 Oktober 2016 | 06:04 WIB

Sejatinya, orang bahagia tidak pernah mengganggu hidup orang lain. Mereka fokus pada hidup dan apa yang mereka kerjakan. S

Intisari-Online.com - Kebahagiaan tidak selamanya dinilai dari jabatan, banyaknya materi, hingga kekuasaan. Menjadi bahagia juga bukan sesuatu yang sulit. Kebahagiaan sejatinya adalah kesederhaan yang kita miliki. Banyak orang yang mengaku bahagia dalam hidupnya justru tidak melakukan hal-hal hebat, melainkan menghindari hal-hal yang dapat menghambat kebahagiaan mereka. Maka itu, hindari 12 hal ini jika ingin bahagia:

1. Mengganggu hidup orang lain

Sejatinya, orang bahagia tidak pernah mengganggu hidup orang lain. Mereka fokus pada hidup dan apa yang mereka kerjakan. Selain itu, mereka berteman dengan orang yang dapat menambah kebahagiaan mereka, enggan berdebat pada sesuatu yang tidak penting. Mereka percaya bahwa setiap orang bertanggung jawa atas kebahagiaan mereka sendiri. Sebaliknya, mereka yang tidak bahagia sering kali mengurusi hidup orang lain, nyinyir, dan berkomentar pada sesuatu yang tidak penting.

2. Bergosip

Bergosip atau berbicara di belakang seseorang memang hal yang mengasyikan, namun tidak membuat bahagia. Orang yang bahagia lebih suka berbicara tentang kehidupan mereka sendiri dan hal-hal atau orang-orang yang mereka suka daripada hal-hal yang mereka tidak sukai atau lakukan.

3. Pikiran negatif

Sebisa mungkin orang yang bahagia menghindari berpikir negatif. Mereka tidak pernah menyerah pada setiap jenis pemikiran yang membuat mereka merasa buruk. Jika mereka pernah lakukan, mereka langsung berpikir sesuatu yang dapat membuat bahagia atau melakukan sesuatu untuk mengubah suasana hati mereka menjadi baik kembaili. Selain itu, mereka juga akan mengingat kenangan yang luar biasa.

4. Berusaha balas dendam

Orang bahagia sadar betul bahwa balas dendam tidak akan membantu mengatasi perasaan sakit atau memori buruk. Jika mereka telah disakit, mereka akan memaafkan, melupakan, dan melanjutkan hidup kembali. Mereka tidak berpegang pada kenangan buruk apalagi membalas dendam untuk menghukum seseorang yang telah merugikan mereka seseorang.

5. Rasa bersalah

Orang-orang bahagia tidak pernah berlarut-larut dalam kesalahan. Jika mereka telah berbuat kesalahan dalam hidup, mereka akan menerima dan belajar dari kesalahan tersebut.

6. Cemburu

Mereka yang bahagia tidak pernah merasa cemburu. Bahkan, mereka begitu sibuk memikirkan hal-hal yang menyenangkan hidup mereka. Mereka tidak punya waktu untuk merasa iri dan mengeluh tentang hal-hal yang mereka tidak memiliki, malainkan bersyukur atas berkat-berkat dalam hidup mereka.