Find Us On Social Media :

10 Langkah Bangkit Setelah di PHK

By Esra Dopita M Sidauruk, Selasa, 18 Oktober 2016 | 14:45 WIB

Jangan mengumbar kecemasan yang tak perlu. Atasi masalah satu per satu. Bersikaplah kembali meniti karier.

Intisari-Online.com - Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) bukan berarti kiamat, melainkan kesempatan untuk memulai karier dan kehidupan baru. Dengan tetap realitis, optimis, dan kemauan bekerja keras, tak sulit merebut pasaran kerja kembali. Jika Anda baru saja kehilangan pekerjaan, berikut ini 10 langkah bangkit setelah di PHK:

1. Kenali tahap emosional yang sedang dialami

PHK tentu membuat shock, penolakan, ketidakpercayaan, ketakutan dan kecemaasan, menyalahkan, penerimaan dan pencarian, sampai akhirnya muncul komitmen. Anda perlu mengenali tahap-tahap tersebut agar dapat mengatasinya dan berjiwa besar menerimanya.

2. Tetapkan jadwal istirahat

Lepaskan ketegangan, seperti pergi tidur, mengatur napas, mendengarkan musik, mengonsusmi makanan sehat, dan mengurangi alkohol.

3.Lakukan sharing

Diskusikan keinginan, ketakutan, dan rencana Anda bersama anggota keluarga atau teman dekat. Atau bergabung dengan orang-oarang yang sedang menghadapi tantangan yang sama.

4. Periksa kondisi keuangan

Anggaran rumah tangga harus bisa mencukupi belanja sehari-hari, termasuk anggaran untuk mencari pekerjaan baru. Lakukanlah pengehmatan di mana perlu.

5. Jadwalkan waktu

Atur waktu untuk berpikir dan merenungkan apa yang akan dikerjakan. Carilah kesunyian, nikamati alam, dan lakukan meditasi.