Find Us On Social Media :

Ditemukan, Batu Permata Raksasa Seharga Rp2,2 Triliun di Myanmar

By Moh. Habib Asyhad, Senin, 17 Oktober 2016 | 10:04 WIB

Batu permata raksaya di Myanmar

Intisari-Online.com - Ditemukan batu permata raksasa seharga Rp2,2 triliun di Myanmar. Permata seberat 175 ton itu ditemukan oleh seorang penambang di pertambangan permata di negara bagian Kachin, Myanmar.

Dilaporkan BBC pada Minggu (16/10), batu permata itu memiliki ketinggian 4,3 meter dan panjang 5,8 meter. Kita tahu, Myanmar, yang juga dikenal sebagai Burma, merupakan negara asal hampir semua batu permata terbaik di dunia, batu berwarana hijau yang nyaris transparan.

Baca juga: Batu Akik Mineral Silika yang Dililit Mistik: Akik = Batu Permata?

Industri permata menyumbang hampir separuh dari Produk Domestik Bruto PDB negara tersebut. Salah satu pasar terbesar permata dari Myanmar adalah Cina, di mana batu berharga itu dikenal sebagai “batu dari surga”.

Seorang politisi lokal, U Tint Soe, menyebut ukuran batu permata ini laiknya dua rumah kecil yang digabungkan. “Saya berasuimsi bahwa ini adalah hadiah untuk warga kami, pemerintah, dan partai kami. Ini adalah tanda yang sangat baik bagi kami,” ujar U Tint Soe.

Sementara itu, salah seorang penambang bernama Sao Min yang menemukan batu permata ini mengaku bahwa temuannya ini ia dedikasikan untuk Burma alias Myanmar.

“Kami pikir kami telah memenangkan lotre. Tapi ini milik negara. Hal ini untuk menghormati para pemimpin kami,” ujar laki-laki 44 tahun itu kepada Daily Mail.