Find Us On Social Media :

Enam Manfaat Tahu Bagi Kesehatan

By Monalisa Darwin D, Minggu, 16 Oktober 2016 | 11:00 WIB

Manfaat tahu

Intisari-Online.com - Tahu sudah menjadi makanan yang dikenal banyak orang, khususnya pada Asia Tenggara. Tidak hanya enak, namun tahu memiliki segudang manfaat. Tahu dikenal sebagai penggumpalan susu kedelai yang kemudian ditekan dadihnya untuk menghasilkan bentuk blok-blok, yang disebut tahu. Dengan teksturnya yang lembut, paling tidak ada enam manfaat tahu bagi kesehatan yang bisa kita peroleh:

Tahu membantu mengontrol berat badan dan menurunkan kolestrol jahat dan memberikan energi serta nutrisi penting di dalam tubuh. Tak hanya itu, tahu juga melindungi pembuluh darah yang berisiko terhadap efek berbahaya dari kolestrol dengan mengurangi tingkat oksidasi.

Tahu juga memberikan bantuan bagi wanita yang mengalami gejala menopause. Kedelai memiliki isoflavon yang dapat meniru estrogen serta membantu selama tahap pra-menopause, dimana tubuh cenderung memiliki ketidakseimbangan estrogen. Kandungan kalsiumnya juga akan membantu meminimalkan risiko kerusakan tulang yang terjadi akibat menopause.

Isoflavon kedelai di dalam tahu akan membantu mengurangi risiko kanker seperti prostat dan kanker payudara. Selain itu juga, selenium di dalam tahu merupakan mineral yang mejamin fungsi dari sitem antioksidan serta melindungi tubuh dari kanker usus besar.

Secara keseluruhan bagi kulit, tahu membantu menunda proses penuaan, menjaga elastisitas kulit, dan mengencangkan otot-otot. Hal ini dikarenakan kandungan mineral, vitamin, dan protein di dalamnya. Selain dikonsumsi tahu juga dapat dibuat sebagai masker untuk diterapkan pada wajah.

Tahu kaya akan zat besi dan tembaga juga, dimana ini dapat membantu darah menjadi lebih sehat. Zat besi merupakan bagian utama dari hemoglobin yang membantu produksi energi serta pelepasan oksigen di dalam tubuh. Namun, hemoglobin tidak aka nada tanpa tembaga. Hal ini yang kemudian menjadikan tahu baik untuk dikonsumsi.

Keratin merupakan jenis protein yang merupakan salah satu komponen utama dari rambut dan tahu memiliki protein, yang akan membantu pertumbuhan rambut secara sehat. Jadi, tak perlu menghabiskan banyak uang untuk melakukan perawatan rambut.

Nah, itulah enam manfaat tahu bagi kesehatan yang mungkin belum kita ketahui. (magforwomen.com)