Find Us On Social Media :

4 Maanfaat Positif Tidur Bersama Anak

By Monalisa Darwin D, Minggu, 16 Oktober 2016 | 10:43 WIB

Kasih Ibu sepanjang jalan

Intisari-Online.com - Sebagian anak, bahkan masih bayi, sudah diberi kamar sendiri dan tidur jauh dari orangtuanya. Meski dilakukan untuk menjadikan anak mandiri, namun menjaga ikatan atau hubungan antar orangtua dan anak merupakan hal penting dan salah satu caranya adalah dengan tidur bersama. Bahkan hingga usia anak sudah remaja pun tidak ada salahnya untuk sesekali tidur bersama orangtua. Nah, ini dia 4 manfaat positif tidur bersama anak yang mungkin belum diketahui:

1. Menjadikan anak lebih mandiri

Fakta ini mungkin sedikit mengejutkan karena disebutkan sebelumnya bahwa umumya membiarkan anak tidur sendirian akan menjadikan anak lebih mandiri. Anak yang tidur bersama orangtuanya justru akan berisiko rendah mengalami gangguan kecemasan, dimana anak akan lebih merasa aman, nyaman, dan mandiri pada akhirnya.

2. Mempermudah pekerjaan ibu

Bayi tentunya akan sering lapar dan ASI adalah satu-satunya asupan mereka. Ketika bayi baru lahir dan selalu berada dekat dengan ibunya, maka akan memudahkan bayi untuk minum ASI. Dengan ini pula akan meningkatkan hubungan orangtua bersama bayi.

3. Mengurangi stres

Membiarkan anak tidur sendirian, apalagi ketika mereka masih bayi dapat menyebabkan orangtua khawatir, cemas, hingga stres. Dengan tidur bersama anak apalagi bayi, orangtua dapat memastikan detak jantung, suhu tubuh, dan selalu memberikan keamanan serta kenyamanan bagi bayi. Penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat stres dapat menurun ketika bayi lebih dekat dengan orangtuanya.

4. Meningkatkan hubungan keluarga

Anak dapat merasa lebih dekat satu sama lain ketika berbagi tempat tidur bersama orangtua. Fakta juga menunjukkan bawa orang dewasa yang menghabiskan masa kecilnya sering tidur bersama orangtuanya akan memiliki hubungan yang lebih baik bersama orangtuanya daripada yang tidak.

Itulah 4 manfaat positif tidur bersama anak. (magforwomen.com)