Find Us On Social Media :

Inilah 6 Tips Hemat dan Praktis Agar Gaji Tidak Cepat Habis

By Mentari Desiani Pramudita, Kamis, 13 Oktober 2016 | 11:30 WIB

Tips-tips hemat dan praktis agar gaji tidak habis.

Intisari-Online.com- Apakah Anda sering berpikiran gaji yang didapatkan kurang? Sebenarnya, jika dipikirkan lebih jauh itu bukan masalah jumlah gaji, melainkan pengeluaran Anda lebih besar daripada pemasukan.

Untuk itu, kami membantu mencarikan enam tips hemat dan praktis agar gaji Anda tidak habis.

Berhenti membeli, jualah yang tidak perlu

Coba perhatikan barang-barang di kamar Anda. Adakah yang sebenarnya ia tidak berfungsi sebagaimana mestinya? Jika ya, tidak ada salahnya jika dijual. Sekarang sudah banyak tempat-tempat jual online yang bisa Anda pergunakan. Selain mendapatkan tambahan uang, kamar Anda akan terlihat lebih rapi. Belilah barang-barang hanya dibutuhkan saja.

List barang yang ingin dibeli

Jangan pernah tergoda dengan kata sale. Terutama untuk kaum wanita. Jika ingin membeli sesuatu, list dalam sebuah notes perminggu atau perbulan. Atur kapan harus membelinya agar bisa dipergunakan sesuai fungsinya. Ini bisa membantu Anda mengurangi membeli barang-barang yang tidak diperlukan.

Carilah rekening bank dengan banyak tunjangan

Banyak bank yang sekarang menawarkan sejumlah manfaat yang memikat pelanggan. Misal suku bunga yang rendah atau cara menabung untuk masa depan. Anda bisa mencobanya. Tidak ada salahnya memakai rekening bank yang tidak hanya mampu menyimpan uang Anda dengan baik namun juga menyiapkan deposit untuk masa depan.

Atur biaya listrik, lampu, dan air

Untuk dapat menghemat, carilah penggunaan listrik yang mampu hemat energi. Misal menggunakan token listrik biar bisa mengontrol listrik dalam rumah atau pemilihan lampu. Serta penggunaan pompa air. Jangan sampai ketiga hal ini membuat Anda rugi.

Tidak usah gunakan kartu kredit

Jika Anda tipe yang boros, jangan gunakan kartu kredit. Karena walau pembayaran bisa dicicil, bunga kartu kredit cukup tinggi. Belum lagi jika Anda menggunakan untuk belanja sesuatu yang mahal. Kadang kala orang tergoda untuk membeli barang karena ia memiliki kartu kredit. Kalau pun ingin punya, gunakan hanya satu kartu kredit dan pastikan bahwa bunga pembayarannya tidaklah tinggi.