Find Us On Social Media :

5 Jenis Kompetisi untuk Pecinta Balap Lari

By Bramantyo Indirawan, Jumat, 23 September 2016 | 12:30 WIB

5 Jenis Kompetisi untuk Pecinta Balap Lari

Intisari-Online.com – Kebudayaan lari terus berkembang di dunia termasuk Indonesia yang memiliki banyak peminat. Hal ini dapat dilihat dari berbagai acara lari hingga maraton yang berada di perkotaan hingga alam seperti gunung.

Kenali berbagai jenis olahraga yang membawa banyak manfaat dari kesehatan fisik hingga psikologis. Seperti yang dilansir dari Azumio.com beserta sumber lainnya, berikut adalah 5 jenis balap lari yang biasa diselenggarakan di dunia.

1. Balap lintas alam

Biasanya dilakukan di hutan dan pegunungan dengan berbagai tantangan yang siap menghadang para pelari. Berbeda seperti lari di perkotaan, lalu lintas tidak ada perlu diperhatikan. Akan lintas alam akan relatif lebih menantang apabila semisalnya di bukit yang membuat kita harus menanjak.

2. Triatlon

Kompetisi ini menggabungkan renang, bersepeda, dan lari sebagai kewajiban agar peserta dapat menyelesaikan kompetisi. Ya, tantangan ini lebih dari sekadar lari karena menggabungkan dua elemen olahraga lainnya. Biasanya tiap olahraga memiliki jarak puluhan kilo.

3. Fun run

Ajang yang menggabungkan unsur kesenangan dengan olahraga lari ini cukup menyenangkan dan menjadi cara baik untuk para pemula. Biasanya 5 hingga 10 kilometer harus ditempuh untuk menyelesaikan kompetisi ini.

Beragam acara muncul, dari lari menggunakan kostum, malam hari, ajang amal, hingga mengonsumsi suatu makanan tertentu yang bisa menjadi sponsor.

4. Balap Lari Rintangan

Kompetisi ini memiliki tingkat kesulitan tinggi dengan rintangan yang harus pelari lalui. Lorong gelap, cuaca dingin, hingga barang-barang seperti kabel listrik yang lepas menjadi hal-hal yang kita hadapi di ajang ini. Sebut saja acara Spartan yang mengadu fisik kita dengan orang lain melalui rintangan seperti militer yang diberikan.

5. Balap lari ultra

Apabila maraton tidak cukup jauh dan menantang, ajang ini memberikan jarak lebih jauh bagi para pelari yang berminat untuk menerima tantangan.  Sahara dan Afrika Selatan menjadi beberapa contoh jalur dengan jarak minimum 321 kilometer di setiap acaranya.

Beberapa kompetisi lari ini telah diselenggarakan di Indonesia, seperti fun run yang mengajak peserta untuk memakai kostum hingga dilemparkan warna. Lintas alam juga dengan rute berupa gunung-gunung terkenal dan triatlon juga ada di negara merah putih ini. Mana yang lebih cocok untuk Anda?