Find Us On Social Media :

Diet Bebas Gluten Pada Anak Sebabkan Sembelit

By Esra Dopita M Sidauruk, Jumat, 30 September 2016 | 13:00 WIB

Diet Bebas Gluten Pada Anak Sebabkan Sembelit

Intisari-Online.com - Popularitas makanan bebas gluten, membuat tak sedikit orang tua menerapkan diet bebas gluten terhadap anak-anak mereka. Mereka mengganti makanan gluten dengan makanan bebas gluten. Alasannya, untuk mencegah peradangan di usus halus. Padahal, diet bebas gluten pada anak sebabkan sembelit.

Selain itu, produk makanan bebas gluten belum tentu lebih sehat dari makanan yang mengandung gluten. Dalam laman Time.com pada 2016 disebutkan, makanan bebas gluten tidak sama dengan makanan sehat. Banyak pengganti makanan bebas gluten, seperti roti dan kue yang sebenarnya lebih tinggi kalori, lemak, dan gula.

Diet bebas gluten juga sering kali menyebabkan kekurangan serat. Padahal, serat sangat penting untuk pencernaan, termasuk mempertahankan pergerakan usus yang teratur.

Tak heran, banyak anak-anak yang berdiet bebas gluten justru mengalami sembelit. Apalagi di masa pertumbuhan, anak-anak memerlukan semua asupan nutrisi untuk kebutuhan gizi. Oleh sebab itu, para orang tua dianjurkan untuk tidak menerapkan diet bebas gluten terhadap anak-anak mereka, kecuali memang mengalami celiac disease.