Find Us On Social Media :

Sering Cemas? Lakukan 6 Cara Ini Untuk Mengontrolnya

By Mentari Desiani Pramudita, Senin, 10 Oktober 2016 | 15:30 WIB

Sering Cemas? Lakukan 6 Cara Ini Untuk Mengontrolnya

Intisari-Online.com- Kecemasan kadang datang di saat yang tidak tepat. Seperti saat ingin pidato atau menunggu sidang. Adakah cara mengontrolnya? Tentu ada. Dilansir dari health.com, berikut 6 cara yang bisa dilakukan untukberhen mengontrol kecemasan.

Minum Teh

Segelas cangkir teh hangat dapat meredakan kecemasan Anda. Salah satunya dengan mengkonsumsi teh chamomile. Di dalamnya terdapat senyawa yang dapat mengikat reseptor otak. Atau minum teh hijau. Asam amino yang ada dalam teh hijau mampu membuat diri menjadi lebih santai dan lebih fokus.

Olahraga

Menurut Drew Ramsey, MD, asisten profesor klinik Psikiatri di Colombia Universtity, jika seseorang olahraga secara teratur, ia akan jarang merasa cemas dan depresi. Jika kecemasan datang mendadakn, gerak-gerakkan bagian tubu agar sendi tidak kaku. “Salah satu penyebab utama kecemasan biasanya adalah mengkhawatirkan kesehatan,” jelasnya.

Hirup Aroma

Ada dua aroma yang disarankan. Pertama poisonflower, di Jerman, ini membantu kegelisahan dan gugup. Kedua adalah lavender. Tentu di Indonesia, aroma lavender cukup banyak diketahui. Sebab di Florida, siswa yang menghirup aroma lavender sebelum ujian mampu membuat pikiran mereka kembali terbuka saat ujian. Jika keduanya tidak Anda miliki saat kecemasan, hirupnya napas lalu buang perlahan-lahan. Atau untuk wanita, bisa gunakan aroma parfum dengan semprot sedikit ke area depan wajah (jangan kena wajah).

Sarapan

Memakan sarapan tidak hanya membantu Anda lebih fit mengalawi aktivitas namun juga mengurangi gangguan kecemasan. Jenis makanan yang ideal yang disarankan Dr. Ramsey seperti telur atau makanan protein lainnya. Sebab protein berhubungan dengan meningkatnya kecemasan.

Berhenti berpikiran negatif

Salah satu penyebab seseorang cemas ialah ia berpikiran akan gagal. Tentang ujiannya, tentang sidangnya, atau tentang pendapat orang-orang. Pikiran itulah yang membuat cemas mudah datang. Atur mind set pikiran Anda. Yakinkan diri bahwa semua akan berjalan dengan baik. Pikirkan segala nilai positif jika Anda berhasil melaluinya.

Meditasi

Menurut Teresa M. Edenfield, PhD, seorang psikolog klinis di Medical Center Veterans Administration du Durham, New York, meditasi cocok digunakan untuk menangani kecemasan. Meditasi juga tidak harus berada di tempat sepi dan tenang seperti prakteknya sehari-hari. Tapi juga bisa dengan duduk tegak di mana saja sambil pejamkan mata. Tarik napas perlahan-lahan dan hapus segala pikiran yang membebani.