Find Us On Social Media :

Pilih Mana? Lari, Bersepeda, atau Berenang?

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 18 Maret 2017 | 10:20 WIB

Pilih Mana? Lari, Bersepeda, atau Berenang?

Intisari-Online.com – Berlari, berenang, dan bersepeda adalah latihan kardio yang paling populer dan hampir semua orang bisa melakukannya. Namun tidak semua orang leluasa melakukan ketiga aktivitas tadi. Sebelum mengambil keputusan aktivitas mana yang akan Anda pilih untuk menyehatkan tubuh dan membakar kalori, simak pemaparan di bawah ini.

(Ingin Beli Smartphone yang Paling Pas Buat Kamu? Simak Panduan Ini)

Kemampuan membakar kalori

Lari merupakan pembakar kalori terbaik dari ketika jenis olahraga tadi. Tentu saja tergantung pada berat badan dan kecepatan, Anda dapat membakar sekitar 500 hingga 800 kalori per jam dengan berlari.

Baik berenang maupun bersepeda akan membakar lebih banyak kalori tergantung kecepatan. Sekali lagi tergantung berat badan dan kecepatan, Anda dapat membakar 350 – 650 kalori per jam dengan bersepeda dan 350 – 700 kalori per jam dengan berenang.

(Jangan Pernah Melakukannya Lagi! Inilah Bahaya Buang Air Kecil Di Kolam Renang Ketika Berenang)

Rawan cedera

Berlari adalah salah satu olahraga dengan cedera tertinggi karena stres terkait dengan itu. Bersepeda adalah olahraga dengan dampak rendah yang lebih tepat bagi mereka dengan masalah lutut atau punggung. Sementara berenang berdampak setidaknya pada tungkai, sendi, dan otot karena mendukung sifat air.

Penelitian menunjukkan olahraga di air sedalam pinggang mengurangi tekanan pada sendi sebesar 50%, sedangkan olahraga air setinggi dada mengurangi sebanyak 75%. Berenang merupakan pilihan olahraga terbaik apabila Anda sedang dalam masa penyembuhan setelah cedera karena Anda tidak mungkin lari atau bermain olahraga lain.

Biaya

Lari biayanya relatif kecil, dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Yang dibutuhkan cukup sepasang sepatu lari yang baik. Bersepeda melibatkan investasi yang cukup besar dalam sepeda dan perlengkapannya. Berenang, murah dalam hal peralatan yang diperlukan. Satu-satunya hal yang dibutuhkan adalah akses mudah ke kolam renang.

Efek pada tubuh. Lari termasuk olahraga beban sehingga membantu membangun kepadatan tulang dan melindungi  dari osteoporosis. Bersepeda secara signifikan membentuk, mengencangkan, dan memadatkan paha, otot betis, dan daerah panggul.