Find Us On Social Media :

4 Reaksi Negatif Setelah Berolahraga

By K. Tatik Wardayati, Senin, 8 Oktober 2012 | 05:00 WIB

4 Reaksi Negatif Setelah Berolahraga

Intisari-Online.com – Apa pun jenis olahraga yang Anda lakukan, tujuannya adalah untuk membuat tubuh lebih sehat dan terlihat lebih seksi. Tapi, bagaimana jika setelah berolahraga tubuh sebenarnya justru bereaksi negatif?

Reaksi-reaksi ini bisa termasuk kram, sakit kepala, ruam, mulas. Untuk beberapa kasus, ini adalah reaksi sesaat, namun juga bisa serius. Untuk itu, kita harus tahu bedanya.

  1. Sakit kepala.

    Normalnya, sedikit sakit kepala. Tidak normal, bila sakit kepala dan nyeri otot selama latihan. Sakit kepala, seperti dilansir Handbag, dapat terjadi karena tubuh kekurangan oksigen. Jadi, pastikan Anda bernapas dengan baik selama latihan. Tahan napas saat kita sedang mengangkat beban, lalu buang napas perlahan-lahan sambil melepaskan. Namun, jika disertai dengan sakit kepala dan nyeri otot di seluruh tubuh setelah berolahraga, bisa jadi kita sedang mengalami masalah. Segera periksakan diri ke dokter.

  2. Mual.

    Normalnya, merasa sedikit sakit. Tidak normalnya, mual berlanjut setelah latihan. Mual dapat terjadi selama dan setelah berolahraga. Kondisi ini biasanya disebabkan karena tubuh mengalami dehidrasi. Atau bisa juga kita makan terlalu banyak sebelum latihan. Oleh karena itu, makanlah secukupnya sebelum latihan dan selalu bawa sebotol air di samping kita selama latihan. Jika mual terus berlanjut, segera konsultasikan dengan dokter.

  3. Kram.

    Normalnya, kram perut. Tidak normalnya, kram berlangsung lama. Kejang otot sering terjadi setelah latihan. Itu karena otot bekerja cukup keras. Untuk mencegah hal ini, lakukan pemanasan sebelum latihan, dan selama kram, kurangi rasa sakit dengan minum air. Tetapi jika kram terjadi cukup lama, Anda bisa menderita anemia.

  4. Ruam.

    Normalnya, kulit kemerahan. Tidak begitu normal, terjadi pembengkakakn. Panas dan keringat, dua hal yang sering dialami saat latihan, dan ini merupakan pemicu utama ruam kulit. Pemicunya bisa karena bahan pakaian yang dikenakan selama latihan yang tidak dapat menyerap keringat dengan baik. Karenanya, menyebabkan iritasi, kulit kemerahan, dan gatal-gatal. Oleh karena itu, pakailah pakaian yang nyaman saat berolahraga. Namun, jika yang dialami disertai dengan pembengkakan dan kesulitan bernapas, tubuh dapat mengalami suatu kondisi yang dikenal sebagai anafilaksis yang disebabkan latihan. Segera konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami hal tersebut.