Find Us On Social Media :

Tips Diet Diabetes untuk Anak

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 13 Desember 2012 | 14:57 WIB

Tips Diet Diabetes untuk Anak

Intisari-Online.com – Diabetes tipe 1 diderita oleh 1 dari 10 penderita diabetes. Diabetes ini disebut juga diabetes mellitus yang tergantung pada insulin, atau diabetes yang muncul sebelum usia 30. Penderita diabetes tipe 1 harus mendapat suntikan insulin setiap hari seumur hidupnya.

Gejala diabetes jenis ini muncul secara tiba-tiba, seperti haus yang luar biasa, sering kencing, lapar luar biasa, kehilangan berat badan tanpa sebab, lemah, dan lelah.

Anak di bawah usia 16 tahun biasanya menderita diabetes tipe 1. Tidak seperti orang dewasa, mereka tidak perlu menjalani diet ketat. Karena diabetes tipe 1 disebabkan oleh pankreas yang tidak dapat menghasilkan insulin. Anak-anak dengan diabetes tipe 1 hanya harus fokus pada makanan yang dikonsumsi untuk menjaga kadar gula darah agar tetap di bawah kontrol. Hal ini tidak mutlak, tapi setidaknya anak-anak memiliki pemahaman yang baik tentang kondisi tubuh yang merespon berbagai makanan berdasarkan kebutuhan insulin.

Purwa Duggal, ahli gizi dari RS PJ Hinduja, serta Mayo Clinic membagikan saran pengaturan pola makan sehat untuk anak-anak dengan diabetes.

Konsultasikan dengan dokter anak lebih dahulu karena kadang-kadang kebutuhan setiap anak berbeda satu sama lain. (*)