Find Us On Social Media :

Tahan Lapar dengan Lompat Tali

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 26 Februari 2013 | 17:00 WIB

Tahan Lapar dengan Lompat Tali

Intisari-Online.com – Menghabiskan beberapa menit untuk lompat tali ternyata menjadi cara sempurna untuk menjaga rasa lapar dan menurunkan berat badan, demikian menurut sebuah penelitian baru.

Para peneliti dari Waseda University, Jepang, mencoba mencari tahu persisnya apa olahraga yang cocok untuk mengendalikan nafsu makan. Mereka juga membandingkan antara bersepeda dan lompat tali. Bersepeda itu sehat, tetapi ternyata olahraga ini tidak bisa menahan rasa lapar seperti lompat tali.

Para peneliti menduga, gerakan naik dan turun pada kinera lompat tali mengganggu usus sehingga menghambat produksi hormon yang menyebabkan rasa lapar. “Memang benar, kami telah membuktikan hal itu. Seseorang akan bertahan lebih lama merasa lapar jika mereka melakukan lompat tali dibandingkan ketika mereka olahraga bersepeda, meskipun energi yang dikeluarkan keduanya sama,” tulis para peneliti dalam jurnal Appetite.

Lompat tali sendiri diklasifikasikan sebagai latihan beban atau olahraga dengan beban. Beberapa jenis latihan yang serupa yaitu aerobik, berjalan, jogging, dan lari. Namun, para peneliti juga menyampaikan masih perlu ada analisis lebih lanjut mengapa olahraga memiliki dampak khusus pada nafsu makan seseorang. (*)