Find Us On Social Media :

Aktivitas Kantor yang Menyehatkan (2)

By Rusman Nurjaman, Kamis, 28 Februari 2013 | 18:00 WIB

Aktivitas Kantor yang Menyehatkan (2)

Intisari-Online.com - Berjalan kaki, bersepeda, dan mengetik. Tiga aktivitas tersebut bisa membuat kesehatan tubuh kita terjaga, ditengah kesibukan kantor yang memaksa kita tak bisa bisa pergi ke tempat-tempat kebugara. Selain tiga aktivitas tersebut bahkan masih banyak lagi aktivitas di kantor yang bisa membuat Anda terhindar dari problem fisik, sehingga membuat Anda tetap fit dan bugar.

Berikut adalah beberapa aktivitas kantor lain yang juga bisa Anda lakukan.

  1. Gunakan meja kerja untuk push-updiagonal.

    Meja kerja kita dapat membantu melakukan push up diagonal. Sudut yang berbeda mengencangkan kelompok otot yang berbeda.

  2. Lenturkan tangan secara teratur.

    Menggunakan komputer dalam waktu lama bisa menyebabkan carpall syndrom (sakit pergelangan tangan dan kesemutan) dan sakit punggung. Maka, lenturkanlah tangan secara teratur, terutama di sela-sela jam kerja.

  3. Menghampiri meja rekan kerja.

    Biasakan berbicara secara langsung, dengan menghampiri rekan kerja ke mejanya. Selain memberi ruang bagi tubuh untuk bergerak, juga membuat suasana kantor lebih bersahabat.

  4. Berbicara di telepon sambil berdiri.

    Menerima telepon di kantor dapat dijadikan momentum untuk membakar kalori. Aktivitas ini sebaiknya dilakukan sambil berdiri.

  5. Menggunakan sandaran kaki di bawah meja.

    Kelelahan kerja akan cepat timbul bila meja dan kursi tidak memenuhi persyaratan kerja yang baik (tidak ergonomis). Meja komputer yang baik dilengkapi dengan alat sandaran kaki (foot rest) dan bawah meja kaki bisa bergerak bebas. Tinggi meja komputer yang baik antara 55 - 75 cm (disesuaikan dengan ukuran kursinya dan juga disesuaikan dengan tinggi operatornya). Kursi yang baik adalah kursi yang dapat mengikuti lekuk punggung dan sandarannya (back rest) serta tingginya dapat diatur. Tinggi kursi disesuaikan agar kaki tidak menggantung pada saat duduk. Kaki yang menggantung akan cepat menimbulkan kelelahan.

  6. Monitor yang nyaman buat mata.

    Letakkan layar monitor sedemikian rupa sehingga tidak ada pantulan cahaya dari sumber cahaya lain seperti lampu ruang kerja dan jendela yang dapat menyebabkan kesilauan pada mata. Agar mata dapat membaca dengan nyaman, letakkan layar komputer lebih rendah dari garis horizontal mata dengan sudut kurang lebih 30 derajat.

  7. Hindari sepatu berhak tinggi.

    Bagi kaum Hawa, memakai sepatu berhak tinggi memang tampak lebih seksi dan anggun. Namun hati-hati, sepatu hak tinggi bisa membebani punggung. Karena itu, selama bekerja sebaiknya hindari memakai sepatu hak tinggi.

  8. Memakai gelas kecil.

    Untuk mencegah haus atau dehidrasi, kita harus banyak minum sewaktu jam kerja. Sebaiknya gunakanlah gelas kecil agar tubuh terbiasa bergerak bolak-balik ke pantry atau tempat air minum berada.

  9. Relaksasi/peregangan.

    Kelamaan duduk atau bekerja bisa membuat pegal atau struktur otot menegang. Karena itu perlu melakukan relaksasi untuk mengendurkan otot organ tubuh kita. Peregangan sebaiknya dilakukan setiap 1,5 - 2 jam sekali.

  10. Melihat objek yang paling jauh lewat jendela kantor.

    Duduk berjam-jam di depan komputer membuat syaraf mata terangsang, dan otot pegal-pegal. Beruntung bila kantor mempunyai jendela atau kaca yang bisa membuat kita melihat objek di luar kantor. Melihat objek paling jauh lewat jendela kantor bisa membantu mata untuk relaksasi.