Find Us On Social Media :

10 Porsi 10 Jenis 10 Warna, Tiap Hari

By Lily Wibisono, Selasa, 26 Maret 2013 | 15:00 WIB

10 Porsi 10 Jenis 10 Warna, Tiap Hari

Intisari-Online.com - Berpulangnya Ricky Jo, presenter dan penyanyi kondang secara mendadak karena serangan jantung Jumat 22 Maret lalu membuat banyak orang terkesiap. Urusan dengan jantung memang bisa fatal. Namun, bagaimana memastikan bahwa jantung kita sehat dan tidak sedang “menderita” diam-diam?

Dalam obrolan bertajuk “Ancaman Penyakit Jantung: Pembunuh Nomor Wahid”, tadi pagi, Kompas TV menghadirkan dr. Samuel Oetoro, Sp.GK dan Lily Wibisono, Editor in Chief Intisari, terungkap fakta-fakta menarik.

Dengan penuh semangat, Samuel Oetoro menegaskan bahwa untuk menjadi sehat ada lima pedoman yang disebutnya dengan “5S”: 1) Sehat Olahraga, 2) Sehat Pikiran, 3) Sehat Istirahat, 4) Sehat Makanan, dan 5) Sehat Lingkungan.

Ia mengungkapkan, banyak orang belum menyadari bahwa olahraga berat menghasilkan lebih banyak radikal bebas dibandingkan dengan olahraga ringan. Pada gilirannya, radikal bebas di pembuluh darah jantung akan merusak dinding pembuluh darah. Ini akan membuka peluang bagi menempelnya endapan kolesterol pada dinding pembuluh darah. Demikianlah awal munculnya penyakit jantung koroner.

Untuk menjadi sehat, olahraga tak perlu dilakukan sampai keringat bercucuran. Bagi awam, olahraga ringan seperti berjalan kaki sudah cukup. Namun, bagi atlet atau penggemar olahraga berat, masih ada jalan keluar. Konsumsilah suplemen sumber antioksidan, yaitu sayur dan buah alami.

Untuk mencukupi asupan antioksidan alami agar kita terhindar dari penyakit degeneratif, ia menganjurkan untuk makan 10 porsi dari 10 jenis dan 10 warna buah setiap hari. Warna-warna buah menunjukkan tingkat kandungan antioksidan. Saatnya memprogramkan “Gerakan Makan Buah”, mulai hari ini, sebelum jantung Anda menderita diam-diam.