Find Us On Social Media :

5 Cara Enyahkan Stres di Kantor

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 5 April 2013 | 12:00 WIB

5 Cara Enyahkan Stres di Kantor

Intisari-Online.com - Tekanan pekerjaan dan waktu yang terbatas membuat kita harus sering melakukan latihan pernapasan. Mengapa? Karena pernapasan yang baik dapat mengurangi tingkat stres. Latihan pernapasan juga merupakan cara termudah untuk mengendalikan emosi dan kecemasan.

Karena itu, bagi mereka yang punya pekerjaan yang rentan menyebabkan stres, penting untuk mengetahui teknik pernapasan yang tepat demi menghindarkan diri dari stres yang tidak diinginkan dan kembali fokus.

Nah, berikut ini beberapa latihan pernapasan yang dapat membuat Anda rileks dan menyegarkan suasana hati kita di tempat kerja.

  1. Tarik napas dan lepaskan. Metode ini berlaku efektif untuk orang-orang dengan kecemasan dan tingkat stres yang tinggi. Dalam latihan ini, kita harus bernapas dalam-dalam selama 5 hitungan, tahan napas selama 4 hitungan dan hembuskan selama 6 hitungan. Namun, latihan pernapasan ini tidak dianjurkan untuk orang dengan masalah jantung.
  2. Bernapas dalam relaksasi. Teknik ini melibatkan proses mengambil napas dalam-dalam dari bagian bawah perut kita (Kita bisa merasakan udara melalui paru-paru dan perut), dan biarkan keluar hidung dalam hitungan 5 detik. Ini adalah latihan pernapasan yang sangat efektif agar santai ketika kita merasa kram atau sakit – yang biasanya berhubungan dengan posisi duduk.
  3. Kapalabhati. Cara terbaik untuk menyingkirkan racun dalam tubuh kita adalah dengan melakukan Kapalabhati. Mulailah perlahan-lahan menghirup dari hidung, diikuti dengan napas cepat dari perut. Ulangi langkah ini 9 – 10 kali sebanyak dua kali sehari. Wanita hamil dan wanita dengan masalah rahim tidak disarankan untuk mencoba latihan pernapasan ini baik di kantor maupun di rumah.
  4. Menyeimbangkan pernapasan. Menyeimbangkan napas diikuti dengan kontrol diafragma yang sempurna adalah cara terbaik untuk mengatasi stres. Untuk menyeimbangkan pernapasan, Anda harus terus mengambil napas dalam-dalam sesering yang Anda bisa dan kemudian melepaskannya pelan-pelan. Tarik napas dalam 4 hitungan. Teknik ini harus dilakukan melalui hidung dan paru-paru yang membawa fleksibilitas besar untuk diafragma dan menyinkronkan pernapasan. Latihan sederhana ini dapat menenangkan seluruh sistem saraf, menyebabkan tubuh mendinginkan secara alami, yang akhirnya dapat menghilangkan stres.
  5. Bhramari pranayam. Tutup mulut, tetap biarkan rahang Anda rileks. Ambil napas dalam-dalam dari paru-paru dan ketika Anda menghembuskan napas seperti lebah mendengung di nada rendah selama 2 – 3 menit. Latihan ini berguna bagi orang-orang dengan kelumpuhan, sinus, migrain, dan wanita hamil.

Sangat mudah, bukan? Anda mau mencoba? (boldsky)