Find Us On Social Media :

Bugar Dalam 12 Menit

By Mohamad Takdir, Selasa, 4 Juni 2013 | 15:00 WIB

Bugar Dalam 12 Menit

Intisari-Online.com - Waktu 12 menit tidaklah lama. Akan tetapi, menurut sebuah penelitian yang terbit di jurnal Public Library of Science One, waktu sependek itu cukup untuk membuat kita segar bugar. Tiga kali seminggu berolahraga dengan setiap sesi hanya 12 menit cukup meningkatkan asupan oksigen, serta mengurangi tekanan darah dan kadar gula. Itulah hasil dari penelitian yang dilakukan Norwegian University of Science and Technology.

Penelitian dilakukan selama 10 minggu. Tim peneliti memantau efek berbagai macam olahraga yang berbeda dengan menggunakan sample 26 orang yang kelebihan berat badan dan mereka yang sehat. Para subjek berolahraga empat menit selama tiga kali seminggu dan diukur asupan oksigennya.

Hasilnya? Olahraga singkat memiliki efek bagus untuk kesehatan. Olahraga juga tidak hanya bagus untuk fisik. Sebuah penelitian yang rilis tahun 2010 mengungkapkan bahwa mereka yang jalan kaki 9,6 km per minggu memiliki otak yang lebih besar, ingatan yang lebih kuat, dan fungsi mental yang lebih bagus.

Latihan singkat seperti ini bisa menjaga kesehatan dan cocok bagi mereka yang secara fisik tidak cocok untuk latihan lama di gym atau pusat kebugaran. Akan tetapi, alangkah lebih baik jika kita konsultasi pada ahli dulu untuk mengetahui kadar latihan yang cocok bagi kita. (The Guardian)