Find Us On Social Media :

Ingin Cepat Bugar, Berendamlah di Air Dingin!

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 22 Agustus 2013 | 08:00 WIB

Ingin Cepat Bugar, Berendamlah di Air Dingin!

Intisari-Online.com - Para pakar medis menyebutnya dengan krioterapi. Mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), itu berarti penyembuhan dengan mendinginkan tubuh. Sekilas tampak keren dan serba canggih, tapi ternyata, tidak seperti itu kenyataannya. 

Seorang yang berolahraga rutin sepeti sepakbola misalnya, akan cepat mengalami pegal-pegal pada ototnya. Tidak menutup kemungkinan akan rentan terkena cedera, baik ringan atau berat. Salah satu terapi yang sangat cocok adalah krioterapi. Tapi, jauhkan pikiran Anda yang serba canggih, karena ternyata itu bisa dilakukan hanya dengan menggunakan tong dan air dingin. Dan kita cukup berendam di dalamnya.

Sebuah penelitian di Inggris mengatakan, berendam di dalam air dingin bisa mengatasi nyeri ringan dan pegal otot. Sebuah fakta ditemukan dari penelitian tersebut adalah pegal-pegal dan nyeri itu akan lebih cepat pulih jika kita sering berendam dalam air dingin.

Dr. Chris Bleakley dari Universitas Uster mengatakan, “Buat mereka yang bermain dalam jadwal yang sangat padat, ini jelas akan menjadi opsi pemulihan otot yang cepat dan bermanfaat. Peluangnya 20% lebih efektif.”

Chris juga menambahkan, jika dibandingkan dengan hanya hanya beristirahat pasca olahraga, mereka yang berendam dalam air yang bersuhu 10-15 derajat celcius dalam kurun waktu minimal lima menit, akan merasakan nyeri yang ia rasakan akan mereda paling lambat empat hari.

Meski demikian, semua ada aturan bakunya. Langsung berendam di air yang dinginnya mencapai 10 derajat celcius, akan memicu guncangan psikologis kepada sistem tubuh yang sedang capai. Jadi, sebelum nyemplung, pastikan Anda mandi dengan air sejuk, lalu setelah itu baru turunkan temperaturnya ke suhu yang kita kehendaki.

Meskipun hanya di sebuah tong bekas, tapi percayalah, otot-otot Anda akan berterimakasih dengan langkah yang Anda tempuh. Selamat mencoba! (FourFourTwo)