Find Us On Social Media :

Sisihkan Waktu untuk Santai, Salah Satu Mempertajam Pikiran agar Tak Mudah 'Tulalit'

By hery prasetyo, Kamis, 8 Juni 2017 | 07:00 WIB

Inilah 7 Cara Mempertajam Pikiran

Intisari-Online.com - Seiring bertambahnya usia, kemampuan fisik semakin menurun. Namun, jangan biarkan pikiran Anda juga ikut menurun. Tubuh boleh menua, tapi pikiran harus tetap segar, cerdas, dan tajam.

Seringkali orang menyerah dan merasa bahwa pikirannya sudah menurun. Tapi, jika mau berlatih dan mengelolanya dengan baik, pikiran bisa tetap baik pula.

Berikut ada tujuh cara untuk mempertajam pikiran:

(Baca juga: Bukti Ilmiah Hidup Setelah Kematian? Otak Pasien Ini Terus Berfungsi 10 Menit Setelah Kematiannya)

1. Olahraga aerobik secara teratur

Berdasarkan studi dan penelitian kesehatan, olahraga aerobik membantu mempertahankan kesehatan jangka panjang dan mempertahankan fungsi otak tetap baik. Begitu Anda mulai berlatih aerobik, maka secara otomatis otak kita lebih fit.

Jika ingin mempertahankan kebugaran mental, maka Anda harus menyiapkan waktu setidaknya 30 menit sampai 1 jam untuk melakukan aktivitas fisik secara reguler. Rutinitas fisik ini tak hanya memperbaiki kesehatan dan kebugaran tubuh, tapi jugakognisi Anda akan jauh lebih baik.

2. Perhatikan diet Anda

Kurang atau kelebihan energi dalam tubuh Anda, akan memberikan beban bagi otak. Sebagai contoh, diet dengan rendah gliserin tak akan bermanfaat buat tubuh dan otak, karena akan mendatangkan inkonsistensi dalam pencernaan.

(Baca juga: Sadarkah Anda Ada yang Tak Lazim dari Borgol yang Dikenakan Pelaku Persekusi Cipinang Muara?)

Maka, Anda harus mempertahankan pencernaan yang teratur untuk mensuplai otak dengan energi yang lebih lancar. Sistem tubuh harus dipertahankan. Ini tak hanya memperkuat otak, tapi juga menyehatkan tubuh. Ada kaitannya bahwa penurunan daya kerja otak dengan munculnya obesitas, diabets, dan hipertensi.

3. Penuhi kebutuhan kalori tubuh