Find Us On Social Media :

Mitos Penderita Diabetes

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 14 Januari 2014 | 14:00 WIB

Mitos Penderita Diabetes

Intisari-Online.com – Menurut sebuah penelitian terbaru, sekitar 61 juta orang India dan 24 juta di Amerika Serikat menderita diabetes. Sementara, menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2007, dilaporkan 5,7% dari penduduk Indonesia menyandang Diabetes tipe 2.Dan diperkirakan akan meningkat pada tahun-tahun berikutnya. WHO memperkirakan, bila pola pengelolaan diabetes masih seperti saat ini, maka pada tahun 2030 akan terdapat sekitar 21,3 juta orang dengan diabetes di Indonesia.

Meskipun begitu banyak orang yang terkena penyakit mematikan ini, ada banyak mitos tentang diabetes yang beredar di masyarakat. Ada banyak kesalahpahaman tentang diet yang harus diikuti oleh penderita diabetes, meskipun kita berada dalam era informasi seperti saat ini.

Mitos yang paling umum tentang diet adalah bahwa penderia diabetes harus menghindari gula. Bukan hanya gula, tapi penderita diabetes yang terbaik adalah menghindari karbohidrat, tapi bukan berarti lantas tidak mengonsumsinya sama sekali. Yang penting adalah diet seimbang, sementara karbohidrat adalah bagian dari diet seimbnag.

Asuplah makanan secara moderat. Anda, penderita diabetes perlu mencari tahu berapa jumlah karbohidrat yang dikonsumsi.

Nah, berikut ini mitos tentang diabetes yang bisa membantu memahami penyakit ini dengan cara yang lebih baik.

Selalu lakukan tes kesehatan secara teratur untuk mengetahui kadar gula darah Anda.