Find Us On Social Media :

Hidup Lebih Lama dengan Vitamin D

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 9 Agustus 2012 | 14:37 WIB

Hidup Lebih Lama dengan Vitamin D

Intisari-Online.com – Mulai sekarang, lebih baik bagi kita untuk menambah asupan vitamin D untuk tubuh. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan asupan vitamin D. Kita bisa mendapatkannya melalui suplemen, produk susu, ikan, jus jeruk, atau hanya melakukan kegiatan di luar ruangan untuk mendapatkan sinar matahari.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan Oregon State University, diketahui bahwa kekurangan vitamin D pada orang dewasa akan meningkatkan risiko kematian. Ini dikutip oleh iVillage dalam artikel mereka.

Hasil ini disimpulkan melalui analisis yang dilakukan terhadap 4.300 responden berusia 60 tahun ke atas. Mereka yang memiliki kadar vitamin D rendah memiliki risiko kematian 30 persen lebih besar dibandingkan dengan mereka yang memiliki asupan vitamin D tinggi.

“Ini menunjukkan pentingnya pemeriksaan atau screening untuk menilai tingkat vitmain D dalam tubuh, terutama pada orang dewasa,” kata salah satu anggota penelitian, Ellen Smit, dalam European Journal of Clinical Nutrition.

Para peneliti tidak menentukan apakah kadar vitamin D rendah akan memberikan kontribusi pada kelemahan atau rentan terhadap masalah kesehatan. “Tapi, jika Anda memiliki kedua masalah ini, kemungkinan memiliki risiko lebih besar kematiannya,” kata Smit.

Peran vitamin D dalam tubuh diperlukan untuk kekuatan tulang dan fungsi otot. Jadi, adalah wajar bahwa sejumlah kecil vitamin akan mempengaruhi fungsi keseluruhan tubuh.

“Tidak perlu berlama-lama, hanya 10 – 15 menit saja setiap hari sekitar pukul 07.00 – 09.00 terpapar sinar matahari. Itu sudah cukup untuk membantu kesehatan tulang dan fungsi otot tubuh,” jelas dr. Siti Annisa Nuhonni, SpKFR.