Find Us On Social Media :

Orang Aktif, Nyenyak Tidurnya

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 7 Maret 2013 | 04:00 WIB

Orang Aktif, Nyenyak Tidurnya

Intsiari-Online.com – Semakin banyak orang yang mengeluh sulit tidur di malam hari. Jika Anda juga mengalami hal yang sama, mungkin Anda perlu lebih banyak berolahraga. Sebuah survei menyebutkan, orang yang berolahraga, bahkan di siang hari, dapat tidur lebih nyenyak.

Beberapa jenis olahraga ringan dapat dilakukan, termasuk jalan. Kemudian latihan moderat seperti angkat berat dan yoga. Lari, berenang, dan bersepeda diklasifikan sebagai olahraga yang berat. Bukan hanya itu, mengurangi kebiasaan duduk terlalu lama juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Hal ini dikemukakan oleh National Sleep Foundation, yang melakukan survei.

“Orang yang aktif cenderung tidur lebih nyenyak,” jelas Lisa Meltzer, seorang psikolog di National Jewish Health di Denver yang tidak terlibat dalam survei.

Meskipun demikian, survei ini tidak membuktikan olahraga dapat membuat tidur seseorang lebih sehat. Karena survei ini hanya menemukan hubungan orang-orang yang rajin bekerja dengan kualitas tidur mereka sehari-hari.

Dari hasil survei ini, National Sleep Foundation menyarankan orang untuk lebih aktif dalam rangka meningkatkan kualitas tidur. Akan tetapi Meltzer tidak menyarankan orang dengan insomnia untuk olahraga sebelum tidur, karena dapat memperburuk kondisi mereka.

Bagaimana dengan Anda, bisa tidur lebih nyenyak jika berolahraga secara teratur?