Find Us On Social Media :

Perceraian Makin Marak, Yuk Kenali Neurosis Yang Bikin Perkawinan Tak Harmonis

By Agus Surono, Selasa, 9 Januari 2018 | 08:00 WIB

Intisari-Online.com - Pasangan yang salah satunya menderita neurosis atau ketidakdewasaan mental cenderung membuat biduk keluarga gampang oleng.

Nah, agar tak memperoleh kesulitan saat sudah mengikat janji, ada baiknya mengenal ciri-ciri orang yang cenderung neurosis.

Menurut penelitian, ada empat ciri istri yang cenderung neurosis:

BACA JUGA:

1. ISTRI "ANTIPRIA"

Wanita tipe ini di bawah sadarnya mendapatkan kepuasan dengan memprotes apa saja yang dikatakan atau dilakukan suami.

Kehidupan perkawinannya penuh dengan persaingan untuk mendapatkan supremasi. Sifat selalu agresif merupakan kesalahan besar dari istri tipe ini. Namun, kalau diberi tahu bahwa ia suka mendominasi pria, ia tidak akan mengakuinya.

Padahal dalam hidupnya - entah berkarier atau ibu rumah tangga biasa - peran suami selalu menjadi nomor dua baginya.

Para suami dari istri tipe begini mungkin akan mengatakan, "Istri saya tidak menghiraukan apakah sudah berumah tangga atau sudah mempunyai anak. Alasannya, semua itu akan mengganggu kariernya."

Tipe istri "antipria" rata-rata suka melakukan perjalanan, senang bertemu dengan muka-muka baru, dan tidak ingin diingatkan soal hidup perkawinannya.

Soal kehidupan seksual, ia sekadar memenuhi kewajiban, memandangnya lebih sebagai tugas daripada keinginan. Frigiditas sering terjadi pada mereka. Secara psikologis dan emosional, wanita tipe ini bisa dikatakan masih "perawan".

2. ISTRI YANG TIDAK STABIL

Istri tipe demikian banyak mengeluh soal kondisi kesehatannya. Suka berkunjung dari satu dokter ke dokter lain mencari kesembuhan. Rupanya, konflik batinnya tercetus dalam bentuk keluhan fisik. Namun, ia sulit diyakinkan bahwa sebenarnya ia sehat-sehat saja.