Find Us On Social Media :

Sarapan Berprotein Bantu Mengontrol Glukosa

By Muhammad Fauzan Aziz, Sabtu, 3 Mei 2014 | 07:00 WIB

Sarapan Berprotein Bantu Mengontrol Glukosa

Intisari-Online.com – Peneliti telah menemukan, sarapan berprotein membantu mengontrol glukosa dan insulin, lebih baik daripada yang biasa orang lakukan dengan makanan rendah protein atau tanpa protein. Penelitian sebelumnya telah menunjukan jika peningkatan glukosa dan insulin dalam darah, dapat meningkatkan risiko diabetes.(baca juga: Jangan Asal Memilih Menu Sarapan

Secara individu, jumlah glukosa atau gula dalam darah, bisa meningkat sehabis kita makan. Saat glukosa meningkat, tingkat insulin juga meningkat untuk mengalirkan glukosa ke seluruh tubuh.

Peneliti dari University of Missouri menemukan, sarapan berprotein bisa bantu mengontrol glukosa.

“Bagi wanita, memakan lebih banyak protein di pagi hari dapat berpengaruh positif terhadap glukosa dan insulin mereka.” Ujar Heather Leidy, asisten profesor dari fisiologi nutrisi dan olah-tubuh.

“Jika Anda memakan makanan sehat dan mengonsumsi makanan yang bisa mengontrol tingkat glukosa, anda mungkin bisa melindungi diri Anda dari diabetes di masa depan.”

Kevin Maki, dari Biofortis Clinical Research, telah menyelesaikan studi ini bersama Leidy. Mereka meneliti wanita dengan umur 18-55 tahun, yang mengonsumsi makanan berbeda selama empat hari berturut-turut.

Para wanita tersebut memakan sarapan dengan kadar protein berbeda-beda, yaitu tiga gram, 30 gram, dan terakhir 39 gram.(baca juga: Buah Naga "Obat" Diabetes

Dari penelitian tersebut, para peneliti menyimpulkan, sarapan berprotein membantu mengontrol glukosa.  Karenanya, wanita sehat yang mengonsumsi makanan berprotein di pagi hari dapat mengontrol kadar glukosa mereka lebih baik. (sciencedaily.com)