Find Us On Social Media :

Ayo Dolan Desa ke Boro

By intisari-online, Jumat, 27 Januari 2017 | 15:00 WIB

Ayo Dolan Desa ke Boro

Intisari-Online.com - Lokasi Dolan Desa ini berada di Desa Banjar Asri, Boro, Sleman, Yogyakarta. Kurang lebih 25 km di sebelah barat kota Yogyakarta. Sayangnya, moda transportasi untuk menuju tempat ini memang kurang memadai. Kendaraan umum angkudes atau bis jarang sekali melintas. Mereka yang datang ke tempat ini kebanyakan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor.

(Menyaksikan 'Operasi Raksasa' di Taman Budaya Yogyakarta)

Dolan Desa memang bukan tempat rekreasi yang lengkap, mewah, apalagi canggih. Tujuannya memang sebagai wahana center for nature. Saat ini baru berdiri dua bangunan rumah gaya limasan dan satu buah bangunan joglo yang akan bertumbuh menjadi 24 unit rumah limasan nantinya. 

Dari dua bangunan rumah limasan di sini, setiap rumahnya mampu menampung 6 - 20 orang untuk menginap. Kadangkala rumah joglo yang kerap dijadikan tempat pertemuan pun dapat dijadikan tempat menginap jika ada tamu rombongan. Berbeda dengan konsep penginapan pada umumnya, sebagai center for nature fasilitas penginapan dibuat sederhana, tanpa AC, apalagi televisi. Layaknya rumah petani sederhana di desa.

(Yogyakarta, Bandung, dan Bali Jadi Destinasi Terpopuler untuk Liburan Akhir Tahun 2015)

Kegiatan yang bisa dilakukan di sini tak hanya bermain di sawah ikut bercocok tanam. Terdapat pula fasilitas halang rintang atau ketangkasan ala outbound, bermain rakit di tengah empang, bermain gamelan, hingga jelajah desa mengunjungi sentra pengrajin tenun dengan sepeda onthel. Tak ketinggalan pengunjung di sini juga diajak ikut andil dalam program pelestarian alam dan keseimbangan alam, dari menanam bibit tanaman, hingga menanamkan rasa cinta kepada hewan yang hidup di sekitar kita. 

Berada di tengah areal persawahan, dikelilingi Bukit Menoreh, pengunjung diajak untuk merasakan sendiri sensasi tinggal di desa. Semilir angin dari Bukit Menoreh tak pernah berhenti. Tak hanya suasana, kuliner desa juga menjadi sajian utama jika menginap di sini. Sayur lodeh, nasi dari beras organik, ikan goreng hasil tangkapan langsung dari empang, sampai penganan ubi dan singkong rebus dari kebun, plus suguhan teh poci hangat. Sederhana namun nikmat. 

Bagaimana Anda berminat? Ayo, dolan ke desa! Segera hubungi Hartono di 0812-26961872.