Find Us On Social Media :

Penyakit Jantung Bisa Dideteksi Sejak Usia 3 Tahun

By Mohamad Takdir, Jumat, 21 Juni 2013 | 18:30 WIB

Penyakit Jantung Bisa Dideteksi Sejak Usia 3 Tahun

Intisari-Online.com - Apa yang dimakan ketika seorang anak berusia tiga tahun bisa menentukan risiko terkena penyakit jantung ketika ia dewasa. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pola makan tidak sehat dimulai pada usia awal saat tanda-tanda kolesterol ada di anak-anak yang berusia tiga dan lima tahun.

Peneliti dari St Michael Hospital dari Toronto, Kanada menunjukkan bahwa jika orangtua sadar, maka risiko terkena penyakit akan bisa dihindari. Peneliti mendapatkan kesimpulan ini dari 1.076 anak-anak prasekolah dan mempelajari hubungan antara pola makan dan level serum kolesterol non-high-density lipoprotein (HDL) - penanda risiko terkena penyakit jantung.

Jika anak-anak makan makanan yang sehat serta memiliki pola makan yang baik, maka akan terbawa sampai dewasa. Pola makan yang diberi orangtua ternyata berkontribusi pada level serum kolesterol non-HDL pada anak-anak berusia tiga sampai lima tahun.

Penelitian ini diterbitkan oleh Canadian Medical Association. Hal ini juga berarti kesehatan anak adalah tanggung jawab orangtua dan sangat berpengaruh pada sang anak ketika dewasa nanti. (Daily Mail)