Find Us On Social Media :

10 Cara Kenyang Lebih Lama

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 29 September 2011 | 10:00 WIB

10 Cara Kenyang Lebih Lama

Intisari-Online.com – Mencoba untuk menghilangkan berat badan beberapa kilogram? Ahli gizi Fiona Hunter memberikan 10 cara untuk mengendalikan nafsu makan sehingga hanya makan sebanyak yang dibutuhkan.

  1. Mulailah makan dengan salad atau supSalad atau sup akan membantu mengisi perut dan mengambil sedikit nafsu makan Anda, yang berarti akan cenderung makan berlebihan pada sesi berikutnya. Pada satu penelitian, responden diberi makanan dengan jumlah kalori yang sama pada makanan padat dan pada sup. Ketika diberikan dalam bentuk sup, mereka mengatakan merasa kenyang lebih lama. Para peneliti menemukan bahwa peserta yang telah makan sup, hanya makan sedikit pada saat makan berikutnya.
  2. Pilihlah camilan pintarSemakin Anda merasa lapar dan perlu makan, maka perasaan kenyang akan semakin lama. Cara terbaik untuk menghindari over lapar adalah makan setiap 3 – 4 jam sekali dengan beberapa makanan ringan yang sehat. Camilan kaya protein (seperti yoghurt atau telur rebus) atau makanan kaya serat (seperti havermout atau buah-buahan) merupakan pilihan yang terbaik dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.
  3. Perbanyak proteinMakan dengan porsi sedikit lebih besar sumber protein seperti daging, ikan, kerang, telur, dan produk susu rendah lemak (misalnya susu skim, keju cottage, yoghurt rendah lemak).
  4. Matikan TVSatu penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa ketika orang menonton cerita detektif saat makan, mereka makan 13% lebih banyak kalori daripada yang makan tanpa gangguan.
  5. Penuhi serat makananSalah satu alasan mengapa diet F-plan begitu populer karena makanan kaya serat yang lebih banyak dikonsumsi. Pilihlah roti gandum, beras merah, bukan beras putih. Cobalah juga untuk menambahkan kacang-kacangan, salad, sayur rebusan, dan sup.
  6. Pilih makanan yang membutuhkan waktu dan usaha untuk makanJagung rebus, salad, atau ikan dengan tulang tidak dapat dimakan terburu-buru, dan akan memaksa Anda untuk makan lebih lambat, sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama.
  7. Makan lebih banyak buah dan sayuranKandungan air yang tinggi pada buah dan sayuran akan membantu membuat lebih kenyang.
  8. Minum sebelum makanCobalah minum segelas air atau jus sayur, 10 menit sebelum Anda duduk untuk makan.
  9. Luangkan waktu AndaLetakkan pisau dan garpu di atas meja di antara setiap suap. Mengunyah makanan secara perlahan sebelum mengambil suapan kedua dan fokus pada apa yang Anda makan, membantu memperlambat proses Anda makan. Ketika Anda makan secara perlahan, maka akan merasa kenyang lebih lama.
  10. Makanlah sebuah apel sebelum makanDalam sebuah penleitian di Washington, 346 orang diminta untuk makan apel, 20 menit sebelum makan. Tanpa membuat perubahan lain pada diet mereka, peserta rata-rata kehilangan berat sekitar 9 kg selama 3 bulan. Para peneliti merasa bahwa apel membantu menambah perasaan kenyang, yang berarti mereka tidak akan makan banyak pada waktu makan berikutnya. (BBC Good Food)