Find Us On Social Media :

Tomat Melawan Kolesterol

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 5 April 2012 | 07:20 WIB

Tomat Melawan Kolesterol

Intisari-Online.com – Tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang gampang diperoleh di pasar dan umumnya digunakan dalam masak-memasak.

Para ilmuwan mengatakan, tomat yang dimasak memiliki manfaat yang sama seperti statin. Ini adalah obat untuk melawan kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Dari penelitian itu juga dicatat, tomat bisa menjadi pengobatan alternatif untuk penyakit yang mengakibatkan masalah jantung.

Rahasianya terletak pada likopen tinggi yang memberikan efek warna merah cerah pada tomat. Inilah antioksidan yang sangat ampuh dalam mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.  Dari hasil tes, jika tomat dimasak, tubuh menyerap lebih banyak likopen.

Seperti dilaporkan DailyMail, para ahli dari Australia menganalisis hasil dari 14 penelitian internasional tentang manfaat likopen selama 55 tahun. Hasilnya, likopen mampu memberikan pertahanan alami terhadap kolesterol jahat dalam tubuh. Juga memiliki manfaat yang sama seperti dosis kecil statin.

Dr. Karin Ried dari The University of Adelaid mengatakan, “Saya sangat merekomendasikan Anda untuk makan tomat. Anda dapat makan sebanyak sekitar 60 gram pasta tomat atau setengah liter jus tomat setiap hari.”

Dalam penelitian tersebut, menurut Dr. Ried, dengan mengonsumsi 25 mg likopen setiap hari, Anda telah mengurangi risiko kolesterol jahat hingga 10%. Tambahnya, menambahkan setengah liter jus tomat atau pasta tomat 50 gram sehari akan memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung.

Likopen, juga ditemukan pada semangka, jambu biji, pepaya, jeruk, serta aprikot, tetapi konsentrasinya lebih rendah.