Find Us On Social Media :

Kalori Negatif Makanan

By K. Tatik Wardayati, Senin, 3 September 2012 | 10:00 WIB

Kalori Negatif Makanan

Intisari-Online.com – Ungkapan “kalori negatif” mungkin membingungkan, karena menyatakan ada makanan yang tidak memiliki kalori sama sekali. Semua makanan mengandung kalori beberapa, termasuk sejumlah karbohidrat, protein atau lemak baik sendiri atau dalam jumlah yang bervariasi. Semua makronutrisi adalah sumber energi, dengan demikian semua makanan mengandung energi.

Apa itu kalori negatif makanan?

Semua makanan mengandung kalori, sehingga istilah “makanan berkalori negatif” mungkin terdengar menyesatkan. Beberapa ilmuwan mengatakan ketika beberapa makanan lebih sulit bagi tubuh untuk dicerna, efek dari memakan makanan itu menjadi defisit kalori. Dengan kata lain, tubuh membakar lebih banyak kalori negatif daripada makanan yang benar-benar mengandung kalori. Secara teori, semakin kita banyak makan makanan ini, maka kalori yang masuk semakin sedikit, sehingga dapat menurunkan berat badan.

Namun, diet makanan kalori negatif sebenarnya masih kontroversial, dan tidak semua orang setuju makanan kalori negatif itu secara teknis ada. Bagaimanapun, buah-buahan dan sayuran dalam daftar kalori negatif tetaplah makanan sehat yang harus disertakan dalam diet seimbang.

Apakah makanan berkalori negatif benar-benar kunci untuk menurunkan berat badan?

Jika kita makan makanan ini hanya sedikit, kita tidak mungkin menurunkan setengah kilo dari berat badan kita. Dibutuhkan banyak agar mereka dapat bekerja dalam penurunan berat badan. Namun, makanan kalori negatif ini dapat menggantikan makanan yang menggemukkan, kurang bergizi, dan banyak lagi. Daripada ngemil keripik kentang, mending mengunyah beberapa tangkai seledri. Mengganti keripik kentang dengan seledri inilah yang dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Apa sajakah makanan kalori negatif itu?

Seperti dimuat dalam lifemojo, sayuran seperti asparagus, bit, brokoli, kubis, wortel, kembang kol, seledri, cabai, mentimun, bawang putih, kacang hijau, selada, bawang, lobak, bayam, dan zucchini termasuk diantaranya.

Buah termasuk apel, blueberry, melon, cranberry, grapefruit, lemon, mangga, jeruk, pepaya, peach, nanas, raspberry, stroberi, tomat, semangka, dll.

Ada banyak makanan yang dikategorikan sebagai kalori negatif, kita hanya perlu memasaknya dalam jumlah besar dengan berbagai variasi agar lezat sehingga tertarik untuk menyantapnya. Bereksperimenlah di dapur! (*)