Find Us On Social Media :

10 Jurus Mencapai Level Bahagia

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 16 Januari 2014 | 13:00 WIB

10 Jurus Mencapai Level Bahagia

Intisari-Online.com - Sangat mudah memikirkan kebahagiaan sebagai hasil akhir. Misalnya, kita merencanakan kegiataan A sekaligus cara-cara yang akan kita tempuh untuk mensukseskan acara tersebut. Sebagai orang yang normal, kita juga akan memastikan bahwa acara ini akan berakhir dengan sebuah kebahagiaan. Dunia film biasa menyebut dengan happy ending.

Tapi ucapan terkadang sulit sejalan dengan apa yang dilakukan, benar?

Sejatinya, banyak cara yang bisa ditempuh, dan secara ilmian terbukti ampuh. Ada 10 jurus dari Belle Beth Cooper yang bisa diaplikasikan untuk mencapai sebuah kebahagiaan. Baik itu dalam tahap proses, maupun hasil.

  1. Olahraga; 7 menit rasanya cukup. Studi yang dilakukan oleh Journal of Health Psychology menyebut, orang yang berolahraga akan merasa lebih baik dengan tubuhnya meski tidak ada perubahan fisiknya.
  1. Tidur lebih; dengan tidur yang lebih banyak minimal menjauhkan kita dari pikiran negatif. Sebuah studi mengatakan, orang yang kurang tidur cenderung akan menghafal kata-kata negatif sebesar 81 persen.
  1. Menghabiskan banyak waktu dengan teman dan keluarga. Hubungan dan membantu orang merupakan salah satu faktor penting menuju umur panjang.
  1. Sesekali keluar rumah barang sejenak.
  2. Membantu orang lain; 100 jam per tahun adalah angka magis.
  3. Biasakan tersenyum; ia terbukti mengurangi nyeri, meningkatkan mood, dan membuat pikiran lebih baik.
  4. Rencanakan perjalanan; ini akan membantu bahkan ketika kita tidak berminat sama sekali.
  5. Meditasi; ini akan membuat otak lebih rileks dan santai. Dalam sebuah studi, tim peneliti dari Massachusets General Hospital melihat meditasi berfungsi untuk menurunkan stres dan memunculkan rasa welas asih.
  1. Lebih dekat dengan tempat kerja; perjalanan panjang dari rumah ke tempat kerja akan membuat kita lebih senewen.
  2. Bersyukur; ini akan meningkatkan kepuasan dan rasa lebih bahagia.

Jika tidak bisa melakukan semuanya, minimal kita bisa melakukan salah satunya. (TIME)