Find Us On Social Media :

Empat Kebiasaan Sehat Agar Terhindar dari Depresi

By Birgitta Ajeng, Rabu, 9 April 2014 | 18:30 WIB

Empat Kebiasaan Sehat Agar Terhindar dari Depresi

Intisari-Online.com - Coba perhatikan gejala-gejala berikut ini: bad mood, malas bekerja, menarik diri dari pergaulan, atau hasrat bunuh diri. Apa kira-kira Anda pernah mengalami salah satu saja dari gejala itu? Jika ya, berarti ada kemungkinan Anda pernah mengalami depresi atau sejenis gangguan jiwa ringan.

Seseorang yang ingin pulih atau terhindar dari depresi perlu membangun kebiasaan hidup sehat. Berikut ini empat kebiasaan sehat agar terhindari dari depresi:

1.      Olahraga selama 30 menit.

Seseorang yang mengalami depresi perlu berolahraga. Sebuah penelitian menemukan, olahraga teratur dapat memperbaiki suasana hati. Tidak perlu melakukan olahraga terlalu berat, jalan cepat setiap hari saja sudah cukup.

(Baca juga: Hubungan Sosial yang Kuat Bisa Bantu Obati Depresi)

2.      Makan makanan sehat.

Selain penting untuk kesehatan tubuh, makan makanan sehat juga penting untuk kesehatan mental. Sering minum minuman beralkohol adalah kebiasaan buruk yang membuat seseorang terus terjebak di dalam depresi.

3.      Tidur secara teratur selama 7-8 jam.

Tidur yang cukup sangat penting dalam mencegah depresi. Ada sebuah data mengungkapkan, sembilan puluh lima persen orang menonton televisi, dan membuka smartphone secara teratur sebelum tidur. Sesungguhnya, kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan. Sebuah studi menunjukkan, paparan sinar dari smartphone menekan produksi melatonin, hormon yang membantu manusia untuk tidur. Agar tetap sehat, matikan smartphone dan televisi ketika hendak tidur.

(Baca juga: Makanan yang Dapat Mengurangi Depresi)

4.      Lakukan sesuatu yang disukai.

Seseorang yang ingin pulih dari depresi bisa melakukan sesuatu yang disukai seperti bermain dengan hewa peliharaan, ngobrol dengan teman, menonton film, jalan-jalan, membaca buku, atau mendengarkan musik. Cobalah untuk melakukannya lebih sering, beberapa kali saat pagi dan malam. Melakukan hal yang disukai membantu mengingatkan bahwa Anda masih merasakan sukacita. (Huffington Post)