Find Us On Social Media :

8 Efek Stres Bagi Tubuh

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 4 Juli 2015 | 17:00 WIB

8 Efek Stres Bagi Tubuh

Intisari-Online.com - Sebagian orang merasa stres karena mengalami berbagai masalah, seperti masalah hubungan dengan pasangan, masalah di tempat kerja, dan lainnya. Stres nyatanya dapat mempengaruhi emosional dan fisik kita. Apakah kita tahu bagaimana efek stres bagi tubuh kita?

1. Keringat berlebihan

Jika kita mengalami keringat yang berlebihan, itu tandanya tidak baik. Hal ini berkaitan dengan stres. Seseorang yang mengalami stres akan mengeluarkan keringat yang berlebih dan mempengaruhi denyut jantung. Saat stres, jantung akan lebih cepat berdetak dan tangan serta kaki akan terasa mati rasa.

2. Masalah dalam pengambilan keputusan

Stres pun nyatanya mempengaruhi mental seseorang. Stres akan membuat seseorang sulit dalam menentukan sebuah keputusan atau sulit berkonsentrasi.

3. Panik dan suasana hati berubah

Seseorang yang mengalami stres akan mengalami perubahan suasana hati yang kemudian juga mempengaruhi orang di sekitar. Stres yang berlebih juga akan menyebabkan kepanikan. Salah satu cara baik untuk mengatasi hal ini adalah dengan berlatih meditasi.

4. Nyeri otot

Stres ternyata juga dapat menyebabkan nyeri otot serta kejang. Otot-otot cenderung akan menjadi kaku ketika kita sedang stres. Untuk mengurangi stres, sebaiknya kita rutin berolahraga.

5. Mudah marah dan hilang kepercayaan

Stres yang berlebih juga dapat membuat seseorang sering marah tanpa alasan, bahkan hingga frustasi. Tidak hanya itu, seseorang pun akan kehilangan kepercayaan karena masalah ini.

6. Kelelahan