Find Us On Social Media :

Ini Tips Agar Tidak Terjebak Gaya Hidup Sedentary

By Esra Dopita M Sidauruk, Rabu, 2 September 2015 | 06:00 WIB

Ini Tips Agar Tidak Terjebak Gaya Hidup Sedentary

Intisari-Online.com - Kemajuan teknologi dan terlalu sibuk dengan pekerjaan membuat kita menjadi terjebak dalam gaya hidup sedentary. Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan. Berikut ini tips agar tidak terjebak gaya hidup sedentary, yang diberikan oleh Sport medicine specialist, dr Michael Triangto SpKo: 

1. Olahraga minimal 30 menit sehari selama lima hari dalam seminggu. Bisa berupa latihan ringan seperti latihan kardio (aerobik) dan latihan beban (unaerobik). Latihan beban berfungsi mengencangkan otot dan meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih bugar. Latihan kardio membuat tubuh menjadi lebih sehat.

2. Olahraga sesuai dengan denyut nadi. Bagi orang dewasa yang berusia 20 tahun normalnya denyut nadi adalah sekitar 120 hingga 160 per menit.  Jika kurang dari 120 dianggap belum exercise atau bergerak. Jika lebih dari 160, maka juga bisa berbahaya untuk tubuh terutama jantung. Denyut nadi  dihitung pada saat sebelum latihan, latihan berlangsung, latihan berat, berhenti latihan, dan 10 menit setelah berhenti latihan.

3. Parkirlah kendaraan lebih jauh dari tempat yang dituju, sehingga dengan begitu mengharuskan tubuh untuk bergerak.

4. Selama bekerja dianjurkan untuk melakukan peregangan seperti push up yang dapat dilakukan dengan cara berdiri, menggerakan kaki atau tangan, dan berjalan.

5. Makan sianglah di kantin, sehingga dengan begitu kita akan terpacu untuk berjalan. Ini bisa jadi tips agar tidak terjebak gaya hidup sedentary, yang sederhana dapat dilakukan.(Majalah Intisari edisi September 2015)