Find Us On Social Media :

Inilah yang Terjadi pada Tubuh Kita saat Kekurangan Tidur (2)

By Lila Nathania, Sabtu, 12 September 2015 | 07:00 WIB

Inilah yang Terjadi pada Tubuh Kita saat Kekurangan Tidur (2)

Intisari-Online.com – Siapa yang sering begadang dan tidur kurang dari tujuh jam semalam? Anda mungkin berniat mengubah kebiasaan itu bila sudah tahu apa yang terjadi di tubuh saat kekurangan tidur.

1.Mood Buruk

Orang yang kekurangan tidur biasanya menjadi sensitif dan mudah tersinggung. Studi juga menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari lima jam sehari memiliki suasana hati buruk. Mereka sering merasa stress, sedih, dan marah.

2. Jantung tak Sehat

Peneliti sudah melakukan studi terhadap 3.000 orang dewasa berusia 45 dan mengetahui fakta bahwa mereka yang tidur kurang dari enam jam semalam berisiko dua kali lebih besar terkena stroke serta serangan jantung. Mereka juga berisiko lebih dari satu setengah kali lipat untuk terkena gagal jantung. Menurut para peneliti, waktu tidur ideal adalah enam hingga delapan jam per hari.

3.Gula Darah Tak Seimbang

Orang yang hanya tidur sekitar empat hingga enam jam semalam akan mengalami masalah dengan toleransi glukosa. Orang yang bermasalah seperti ini mengalami penyakit pra-diabetes dan sangat berisiko menjadi penderita diabetes.

4. Sistem Imun Melemah

Fakta ini sebenarnya sering ditunjukkan oleh tubuh. Jika Anda kurang tidur, biasanya bangun pagi akan dibarengi dengan pilek atau pusing. Ini merupakan tanda bahwa kekurangan tidur membuat Anda mudah terserang virus. Tidur cukup mampu membuat tubuh lebih kebal terhadap penyakit.

5. Metabolisme Turun

Orang yang kekurangan tidur ternyata cenderung lebih gemuk karena alasan yang satu ini. Kurang tidur membuat Anda lebih bernafsu untuk makan padahal tubuh justru tidak mampu mencernanya dengan baik karena metabolisme menurun.

6. Penampilan Tua