Find Us On Social Media :

Dengan Hidroterapi, Berbagai Masalah Sendi Hanya Lewat Kolam Renang

By Ade Sulaeman, Jumat, 23 Oktober 2015 | 12:30 WIB

Dengan Hidroterapi, Berbagai Masalah Sendi Hanya Lewat Kolam Renang

Intisari-Online.com - Biasanya, kolam renang memang untuk olahraga renang dan rekreasi, namun yang sekarang sedang tren adalah kolam renang ini juga bisa sebagai salah satu media terapi untuk berbagai penyakit khususnya persendian, atau lebih dikenal dengan hidroterapi.

“Hidroterapi ini memanfaatkan pengaruh daya apung air yang membuat beban terhadap sendi tubuh berkurang, karena itu latihan hidroterapi ini bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit persendian seperti rematik, encok, juga gangguan syaraf,” kata Roman, personal trainer dan instruktur di Atlas Sport Club.

Biasanya kata Roman, mereka yang ikut dalam latihan hidroterapi adalah yang memiliki riwayat cedera di bagian tulang belakang. “Selama ini yang banyak keluhan adalah cedera di bagian tulang belakang,” tukas Roman.

Sebelum cedera tulang belakang ini berkelanjutan dan menjadi lebih parah sebaiknya mengenali gejala awal dari cedera ini, seperti apabila bergerak kurang nyaman dan tidak seperti biasanya, bisa jadi ini ada masalah dengan tulang belakang.

Beberapa penyebab dari cedera tulang belakang adalah usia, karena aktifitas yang tidak terkontrol, dan ini bisa terjadi pada siapa saja. Hidroterapi ini kata Roman bisa dilakukan pada siapa saja baik wanita maupun pria dan segala usia, dengan kolam yang menyesuaikan.

Dengan latihan rutin hidroterapi, beban dan rasa sakit yang dikarenaka cedera mam[u berkurang dengana danya tekanan dan suhu air yang sesuai. Bisa jadi hidroterapi ini akan lebih cepat memulihkan dengan menggunakan air hangat.

Gerakan Ringan Hidroterapi Hasil Maksimal

Beberapa latihan ringan dalam hidroterapi untuk membantu memuluihkan cedera pada persendian dan otot punggung sebaiknya dilakukan dengan pengawasan instruktur atau personal trainer.

Latihan gerakan ringan hidroterapi seperti yang diperagakan model Diandra Shavira dengan instruktur Roman dari Atlas Sports Club adalah sebagai berikut :

* Twist

Latihan ini memanfaatkan sudut kolam renang. Posisi berdiri, dengan kedua tangan bertumpu pada besi pegangan di pinggir kolam renang (bar). Selanjutnya angkat kaki pelan pelan dan seimbangkan, gerakan ke kanan dan kiri.

* Bird Dog