Find Us On Social Media :

Kisah Bruce Jenner: Saya Sekarang Perempuan

By K. Tatik Wardayati, Senin, 27 April 2015 | 20:00 WIB

Kisah Bruce Jenner: Saya Sekarang Perempuan

Intisari-Online.com – Bruce Jenner pernah dipuji sebagai atlet terbesar di dunia dan kemudian menjadi bintang reality televisi dengan salah satu keluarga yang paling terkenal di dunia. Sekarang, mantan Olympian itu mengungkapkan sebuah rahasia yang menyebabkannya berada pada kekacauan selama beberapa dekade.

“Untuk semua maksud dan tujuan, saya adalah seorang wanita,” kata Jenner, kepada reporter ABC News, Diana Sawyer, dalam sebuah wawancara eksklusif.

“Orang-orang melihat saya berbeda. Mereka melihatnya sebagai pria macho, tetapi hati dan jiwa aya dan segala sesuatunya yang saya lakukan dalam hidup, itu adalah bagian dari diriku,” kata Jenner, 65. Sambungnya, “Sisi perempuan itu adalah bagian dari diri saya. Itulah siapa saya.”

Dalam wawancaranya,  Jenner merinci perjuangan dalam dirinya untuk menjadi transgender, yang katanya, telah membuatnya bergumul dengan itu sejak kecil. Selama wawancara, Jenner menyebut dirinya menggunkaan kata ganti laki-laki dan ABC News pun mengikutinya, meski beberapa kali ia menyebut dirinya sebagai “Bruce” dan kata ganti perempuan.

“Saya selalu melihat cara Bruce ini selalu berbohong. Ia membohongi sepanjang hidupnya tentang siapa dia. Dan saya tidak bisa melakukan itu lagi,” kata Jenner.

“Otak saya jauh lebih perempuan daripada laki-laki,” tambahnya. “Sulit bagi orang lain untuk memahaminya, tapi itulah jiwaku.”

Pada akhir tahun 1950-an, selama era Eisenhower, Jenner mengatakan ia berusia sekitar 8 atau 9 tahun ketika melakukan sesuatu yang baru, yaitu mengenakan gaun dari lemari ibunya atau saudaranya, ketika mereka keluar rumah.

“Saya menandai lemari jadi ketika saya meletakannya kembali saya bisa menempatkannya kembali, sesuai tempatnya semula, jadi saya tidak akan tertangkap,” kata Jenner. “Saya tidak tahu mengapa saya melakukannya, tapi itu membuat saya merasa lebih baik.”

Bertukar pakaian menjadi bagian dari kehidupan dewasa Jenner. Ia menggambarkan perjalanan selama beberapa waktu sebagai seorang pembicara motivasi di mana disediakan kamar hotel, tempat yang ideal untuk mencoba mengungkapkan apa yang dirasakannya.

“Di kamar hotel, aku berganti pakaian perempuan, dan berjalan-jalan,” kata Jenner.

Selama beberapa dekade, mantan istri dan adik Jenner terus merasahasiakan perjuangan identitas gendernya. Lalu, ibu dan 10 anak-anaknya mengetahuinya Jenner memiliki enam anak kandung - Burt, Cassandra, Brandon, Brody, Kendall dan Kylie - dan empat anak tiri  - Kourtney, Kim, Khloe dan Rob Kardashian.

“Mereka semua menangis. Terutama karena mereka tidak ingin ada yang melukai ayahnya,” kata Jenner. “Mereka sangat protektif terhadap saya.”