Find Us On Social Media :

Sinkhole Siberia, Jawaban Atas Teka-teki Segitiga Bermuda?

By Lila Nathania, Sabtu, 20 Mei 2017 | 11:30 WIB

Sinkhole Siberia, Jawaban Atas Teka-teki Segitiga Bermuda?

Intisari-Online.com - Siapa yang tidak tahu Segitiga Bermuda? Kawasan misterius ini dikatakan telah menelan korban sejumlah pesawat dan kapal. Jika selama ini Anda masih mencari-cari penjelasannya, mungkin sinkhole Siberia adalah jawaban atas teka-teki segitiga bermuda.

Sinkhole sendiri merupakan lubang runtuhan yang terbentuk karena batuan dasar penopang tanah dilarutkan oleh air. Ukuran sinkhole dapat mencapai belasan meter dan dalamnya bahkan bisa puluhan meter. Kejadian munculnya sinkhole biasanya juga cukup mendadak.

(Baca juga: Misteri Masalembo, Segitiga Bermuda Versi Indonesia: Mistik atau Fenomena Alam?)

Saat ini sejumlah orang mulai mengatakan bahwa sinkhole Siberia yang muncul di awal tahun ini merupakan dalang dibalik misteri segitiga bermuda. Tiga lubang rakssasa di Taymyr dan Yamal ini dipercayai terbentuk akibat ledakan gas di bawah tanah.

Orang-orang setempat memanggil sinkhole Siberia, dengan sebutan ‘akhir dunia’. Akan tetapi ada juga yang menganggap sinkhole tersebut sebagai tipuan yang dibuat manusia. Pendapat lain malah mengatakan lubang tersebut merupakan tanda serangan alien.

Meski masih terdapat polemik, para peneliti dari Institut Gas Geologi-Minyak Tanah dan Geofisika Trofimuk, mengatakan bahwa sinkhole ini disebabkan oleh letusan gas bawah tanah yang besar. Fakta inilah yang membuat mereka yakin sinkhole tersebut berkaitan dengan segitiga bermuda.

(Baca juga: Tampomas II, Salah Satu ‘Korban’ Keganasan Perairan Masalembo, Segitiga Bermuda Versi Indonesia)

Luapan hidrat metana dari sinkhole dianggap para peneliti sebagai penyebab kecelakaan pesawat dan kapal di segitiga bermuda. Gas metana yang berbentuk es dalam tanah dikatakan akan menguap menjadi gas dan memicu reaksi sekuat letusan nuklir.

Saat gas yang menguap sudah banyak, laut akan memanas dan membuat kapal tersedot ke dalam. Udara yang sangat jenuh dengan kadar metana juga menyebabkan atmosfer kacau sehingga berujung pada kecelakaan pesawat terbang.

(Baca juga: Berisi 178 Orang, KM Mutiara Sentosa Alami Kebakaran di Masalembo, Segitiga Bermudanya Indonesias)

Meski Sinkhole Siberia telah dianggap sebagai jawaban atas teka-teki segitiga bermuda, para peneliti masih terus menguji hipotesis tersebut secara ilmiah.  Teori bahwa luapan metana merupakan jawaban atas misteri segitiga bermuda pun dianggap cukup masuk akal oleh para ilmuan (News).