Find Us On Social Media :

Tips Memulai Senin dengan Gembira

By K. Tatik Wardayati, Senin, 5 Maret 2012 | 09:00 WIB

Tips Memulai Senin dengan Gembira

Intisari-Online.com – Sebuah penelitian menyebutkan banyak orang menyabut hari Senin dengan suasana hati yang tidak menyenangkan. Bahkan ada kata-kata seperti “I don’t like Monday” yang jadi akrab di telinga, terutama bagi pekerja kantor. Bayangan liburan pun tidak banyak membantu untuk membangkitkan suasana hati. Berikut ini enam hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat hari Senin lebih menyenangkan.

  1. Mulailah dengan secangkir kopi

    Ambil secangkir kopi dan nikmatilah. Bau kopi juga dapat membantu menyegarkan pikiran dan suasana hati. Kandungan kafein akan meningkatkan suasana hati sehingga Anda lebih bersemangat. Tentu saja, sambil menikmati kopi, jauhi rekan Anda yang sedang mengalami bad mood.

  2. Teleponlah teman dekat

    Memulai hari dengan menelepon orang yang paling dekat dengan Anda sehingga dapat membangkitkan suasana hati. Anda bisa menelepon siapa pun, adik, orangtua, atau pasangan untuk berbagi cerita lucu atau peristiwa yang Anda alami di akhir pekan.

  3. Berbagi

    Meluangkan waktu untuk percakapan santai dengan teman akan memberikan efek yang luar biasa. Jangan pernah merasa membuang-buang waktu karena harus bekerja.

    Penelitian dari Harvard University dan University of California, San Diego, menyatakan bahwa kebahagiaan itu menular. Misalnya, jika orang yang Anda ajak bicara hatinya sedang senang, maka Anda memiliki 25% kesempatan untuk merasakan kebahagiaan.

  4. Buka Youtube

    Trend Youtube juga bisa memberikan manfaat positif. Anda bisa mengubah suasana hati dengan menonton video lucu. Bagi mereka yang benar-benar tidak ingin tersenyum, video ini bisa memaksa Anda untuk tertawa.

  5. Sarapan dengan makanan berlemak

    Jika menu sarapan Anda biasanya hanya setangkup roti dengan keju atau telur, cobalah sesuatu yang istimewa untuk hari Senin, dengan mengganti menu sarapan. Pilihlah makanan dengan lemak yang sedikit lebih. Dalam sebuah penelitian, yang ditulis dalam Journal of Clinical Investigation, menunjukkan makanan berlemak memberikan efek kenyamanan dan membuat Anda menghindari emosi dan perasaan negatif.

  6. Olahraga

    Jika memiliki cukup waktu, gunakan beberapa menit mampir ke pusat kebugaran sebelum melanjutkan perjalanan ke kantor. Lakukan olahraga ringan seperti menggunakan treadmill. Saat berolahraga, suhu tubuh akan meningkat, dan ini membuat pikiran lebih tenang, juga mengurangi kecemasan dan stres.

    Selain berolahraga di pusat kebugaran, aktivitas seksual di pagi hari juga membuat Anda merasa lebih nyaman dalam mengawali hari. Sebuah artikel di The Daily Mail menulis, berhubungan seks di pagi hari akan membuat orang merasa lebih optimis untuk menghadapi sisa hari itu.