Find Us On Social Media :

Ingin Membeli Mobil Tapi Masih Ragu Mau Tunai atau Kredit? Silakan Baca Artikel Ini

By Agus Surono, Kamis, 16 Februari 2017 | 13:30 WIB

Beli Mobil, Kredit Atau Tunai?

Intisari-Online.com - Di beberapa kota, mobil seperti sudah menjadi keharusan untuk dimiliki. Ini karena sistem angkutan umum yang belum layak. Alhasil, berbagai cara ditempuh agar mobil masuk garasi. Dari berbagai cara tadi bisa diringkas dalam dua cara: kredit dan tunai. Kredit sendiri juga bisa dibagi menjadi dua: leasing atau bank.

(Siapa Sangka, Makan Es Krim ketika Sarapan Bagus untuk Kesehatan Mental dan Kewaspadaan) Meski tak serumit membeli rumah, membeli mobil memerlukan komitmen tersendiri. Komitmen untuk merawat dan membiayai operasional mobil. Soalnya, tanpa dua komitmen itu mobil hanya akan menjadi seonggok barang rongsokan. Sia-sialah kita menguras duit untuk memperoleh barang itu. Perlu diketahui juga nilai jual mobil tidak sama seperti rumah atau tanah yang tiap tahun naik. Harga mobil semakin turun sementara biaya perawatan bisa naik. 

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membeli mobil adalah mengetahui berapa jumlah dana yang Anda miliki saat ini dan memberi batasan seberapa banyak dari dana tersebut yang dapat dibelanjakan untuk membeli mobil. Ingat, setelah membeli masih ada biaya-biaya lain yang mungkin Anda keluarkan. Jadi jangan dihabiskan.

(Mengapa Orang-orang Muda Tidak Lagi Tertarik Membeli Mobil dan Rumah?)

Untuk pembelian mobil secara kredit maka Anda akan diminta untuk membayar uang muka sebesar jumlah tertentu dari harga mobil. Nah, sisanya itu yang akan Anda cicil dengan bunga yang sudah ditentukan. Setiap dealer mobil biasanya bekerja sama dengan perusahaan leasing atau bank untuk menyediakan jasa pembelian mobil dengan kredit. Jangka waktu kredit mobil rata-rata 1 dan 3 tahun. Ada juga yang sampai 5 tahun. Untuk menentukan berapa jumlah cicilan mobil yang sanggup Anda bayar, maka patokannya adalah jumlah cicilan kredit mobil Anda seharusnya tidak lebih dari 1/3 penghasilan Anda per bulan, sehingga sisanya atau 2/3 dari penghasilan Anda dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga. Selain itu, perlu diperhitungkan pula anggaran untuk biaya bahan bakar mobil, perawatannya dan asuransi.  Mana yang akan dipilih antara leasing atau bank? Jika pihak dealer menyediakan fasilitas kredit lewat bank ambillah. Sebab biasanya bunga yang dikenakan lebih rendah dari leasing. Selain itu, jika Anda menunggak, negosiasi lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan leasing yang umumnya langsung menarik kendaraan Anda. (*)