Find Us On Social Media :

Kelola Uang dengan 8 Jurus Sederhana Ini

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 4 Februari 2014 | 07:00 WIB

Kelola Uang dengan 8 Jurus Sederhana Ini

Intisari-Online.com - Jika tidak dibendung, orang bisa kebablasan mengeluarkan uangnya. Gareth Neil, seorang pakar keuangan, mengatakan, uang berputar layaknya candu. Ia tidak hanya alat untuk mendapatkan barang, tapi juga alat untuk mencapai kepuasan diri dan alat legitimasi sosial.

Meski demikian, bukan berarti pengeluaran tak bis dibendung. Berikut delapan jurus jitu untuk mensiasati pengelolaan uang, seperti yang ditulis oleh eHow:

1. Diet Pengeluaran

Misalnya, jangan menggunakan kartu kredit dan tidak membeli barang-barang yang tidak penting.

2. Dana Darurat 

Setiap orang harus memiliki dana darurat yang dapat berlangsung tiga sampai 12 bulan. Dana ini bisa kita keluarkan jika Kita atau pasangan tiba-tiba kehilangan pekerjaan, mobil rusak, atau butuh pagar rumah baru. Simpan uang tersebut di tempat yang tidak mungkin kita ntuk menggunakannya sehari-hari.

3. Makan di Rumah

Terlalu sering makan di luar bisa sangat menguras keuangan Kita. Alih-alih pergi ke restoran, ada baiknya Kita mulai memasak sendiri di rumah.

4. Buat Anggaran

Bagi sebagian orang, membuat anggaran keuangan bisa sangat menyebalkan, terlebih bagi mereka yang banyak memiliki tagihan utang. Pikirkan anggaran sebagai kebebasan, bukan sesuatu yang membatasi Kita atau mengatur.

Mulailah dengan buku besar sederhana untuk melacak berapa pendapatan Kita. Kemudian, buat perincian pengeluaran untuk tabungan, kebutuhan sehari-hari, dana darurat, dan lainnya.

5. Tambahkan Tabungan