Find Us On Social Media :

Kulit Cantik dengan Diet Vegetarian

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 6 September 2013 | 13:00 WIB

Kulit Cantik dengan Diet Vegetarian

Intisari-Online.com – Tahukah Anda bahwa diet yang sehat (makan sayur dan buah saja) dapat membuat kulit terlihat cantik dan sehat dari dalam? Sebelum menemukan jawabannya, mari kita simak tentang efek samping makan daging terhadap kulit.

Daging biasanya mengandung lemak jenuh yang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Pembuluh darah yang tidak sehat pada akhirnya mempengaruhi kondisi kulit. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa konsumsi daging merah bisa memicu peradangan. Dengan kata lain kolagen dan elastisitas kulit dapat terganggu.

Penelitian lain menyatakan bahwa jerawat juga bisa dipicu oleh konsumsi protein hewani secara berlebihan. Peneliti bahkan menyarankan konsumsi leusin – asam amino yang ditemukan dalam daging – benar-benar dibatasi untuk mencegah jerawat.

“Manfaat dari diet vegetarian bagi kesehatan dapat diperoleh   jika kita berhasil mengganti kalori setara dengan daging dan meninggalkan produk susu,” kata Kristin Kirkpatrick, ahli gizi dari YouBeauty, seperti dilansir Huffington Post.

Sayuran dan buah-buahan mengandung kadar air tinggi dibandingkan daging. Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan membantu menjaga kulit lembab, kenyal, dan secara alami memancarkan cahaya dari dalam. Namun, karena kalori dalam sayuran dan buah-buahan relatif rendah, diet vegetarian mengharuskan kita memakannya dalam porsi besar.

Untuk asupan vitamin C, nutrisi yang digunakan untuk metabolisme kolagen untuk meningkatkan elastisitas kulit, menghaluskan dan mengurangi keriput, kita bisa mendapatkannya dari pepaya, stroberi, jeruk, sawi hijau, lemon, kembang kol, dan bawang.

Ayo coba diet vegetarian ini?