Find Us On Social Media :

5 Kebiasaan Masak yang Bikin Gemuk

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 13 Desember 2013 | 05:30 WIB

5 Kebiasaan Masak yang Bikin Gemuk

Intisari-Online.com – Tidak mengherankan kalau menu di restoran penuh dengan kalori dan bahan-bahan yang kita tidak tahu. Itulah mengapa makanan yang dimasak di rumah adalah ide yang baik bagi mereka yang ingin menjaga berat badan ideal.

Mengontrol saat di dapur adalah langkah pertama yang baik, tetapi jika anda tidak makan di luar dalam sebulan tapi timbangan masih tetap sama, itu berarti ada yang salah dalam kebiasaan masak Anda. Nah, berikut ini beberapa kesalahan umum dalam memasak yang bisa merusak rencana Anda.

1. Menggunakan terlalu  banyak minyak

Minyak zaitun jelas adalah lemak yang baik, namun jika digunakan setiap hari menjadi tidak bijaksana, meski satu sendok makan hanya 125 kalori. Mungkin tidak banyak, tapi bila digunakan untuk menggoreng dengan pemakaian sebanyak empat kali jumlah tersebut, akan sama saja. Agar bermanfaat, kukus sayuran terlebih dahulu sebelum ditumis dengan minyak ini, agar pemasakan dilakukan dengan cepat.

2. Memperkirakan ukuran porsi

Kita semua tahu pentingnya mengontrol porsi. Namun, bila hanya mengira-ira saja porsi dengan melihat, kita tidak akan pernah tahu ratusan kalori yang tersembunyi. Karena itu hindari untuk membuang uang dengan membeli makanan yang tidak sehat, lebih baik melihat sehat dari ikan, atau biji-bijian.

3. Menjadi budak resep

Jika Ada kehilangan kepercayaan diri di dapur, maka Anda akan mengikuti resep. Tapi dengan membabi buta mengikuti resep, Anda akan kehilangan kesempatan untuk membuat trik sehat. Ada beberapa bahan dalam resep yang bisa diganti untuk memangkas kalori dan lemak tanpa mengorbankan rasa atau tekstur.

4. Ngemil sambil mempersiapkan masakan

Menahan dorongan untuk mencicipi makanan saat mempersiapkan masakan mungkin mustahil, apalagi ketika sedang kelaparan. Untuk menghindari ngemil terus-terusan makanan sambil mempersiapkan masakan dan mencicipi masakan, cobalah untuk mengunyah permen karet atau minum segelas air mineral saat memasak.

5. Menghabiskan sisa makanan

Bayangkan sedang makan malam yang lezat, Anda merasa sudah kenyang dan itu artinya Anda harus berhenti. Namun, terkadang merasa sayang menyisakan makanan, hingga akhirnya menghabiskan makanan tersebut. Mencegah ini, singkirkan segera mungkin sisa makanan dari hadapan Anda. Singkirkan jauh-jauh tentang makanan dalam pikiran Anda. (fitnea)