Find Us On Social Media :

Tak Hanya Kesehatan Fisik, Yoga juga Membantu Menenangkan Pikiran Kita

By Ilham Pradipta M., Senin, 18 Januari 2016 | 10:30 WIB

Tak Hanya Kesehatan Fisik, Yoga juga Membantu Menenangkan Pikiran Kita

Intisari-Online.com - Yoga saat ini menjadi olahraga yang banyak digemari orang dan cukup populer di kalangan perempuan. Yoga bisa menyelaraskan tubuh (fisik), pikiran, dan jiwa. Tak hanya memberi efek sehat pada tubuh, ketiga unsur ini juga memberi pencerahan dalam hidup. Benar, yoga juga bisa menenangkan pikiran kita.

Menurut instruktur yoga Devi Ayu Setyorini, yoga tidak hanya memberikan kesehatan pada fisik kita saja. Olahraga ini juga dapat membuat kesehatan mental kita menjadi lebih baik. Dengan paduan nafas dan gerakan yoga, kita dapat merasakan relaksasi yang mendalam.

“Melalui yoga kita bisa menguragi ketegangan tubuh, pikiran dan membuat mental yang kuat saat menghadapi stres,”  ujar Devi di tengah acara “The New Glow You in 2016” yang diselenggarakan Triple Mind Indonesia di Toyo Gesang, Bogor.

Selain itu, Devi juga mengatakan bahwa yoga juga bermanfaat bagi penderita asma. Lewat yoga, para penderita diajak untuk melatih pernafasannya. Pernafasan itu dapat menenangkan penderita dan mengurangi gelaja yang bisa memicu asma. Di lain hal, yoga membantu meregangkan otot-otot tubuh kita yang terasa kaku.

Yoga  memang cenderung berbeda dengan olahraga lainnya, seperti senam aerobik. Pada aerobik kita diharuskan untuk bergerak secara cepat dan memberikan penekanan yang kuat pada otot. Aerobik juga tidak  mengharuskan kita untuk memperhatikan  teknik pernapasan. Sedangkan yoga, memfokuskan diri pada pengolahan nafas. Gerakan-gerakan  yoga juga dilakukan secara lembut. Walaupun gerakannya lembut, tapi yoga dapat dan membuat otot menjadi lebih lentur dan membentuk postur tubuh yang lebih tegap.

“Yoga juga bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah pada postur tubuh dan menjaga kesehatan tulang belakang,” ujarnya.

Bagi kita yang ingin melakukan olahraga ini juga perlu memperhatikan berbagai hal. Devi menyarankan apabila seseorang ingin melakukan yoga namun memiliki masalah kesehatan, mereka perlu berkonsultasi dengan instruktur yoga. Melalui konsultasi tersebut instruktur dapat memberikan porsi atau gerakan latihan yang sesuai. Yang terpenting jangan pernah lupa untuk melakukan pemanasan. Tanpa pemanasan latihan ini dapat mencederai tubuh kita.

“Kalau kita kurang pemanasan atau pemanasannya tidak benar, bisa membuat cedera. Biasannya otot-otot bisa ketarik,” jelasnya.