Find Us On Social Media :

7 Cara Melindungi Anak Agar Tak Jadi Korban Paedoflia

By Ade Sulaeman, Kamis, 3 Maret 2016 | 13:30 WIB

7 Cara Melindungi Anak Agar Tak Jadi Korban Paedoflia

Intisari-Online.com – Dokter Andri, spesialis kedokteran jiwa dari RS.Omni Alam Sutera Tangerang, memberikan beberapa tips untuk melindungi anak agar tak menjadi korban paedofilia.

Tips itu diberikan mengingat kasus pencabulan terhadap anak-anak alias paedofilia terus berulang. Terbaru, melibatkan seorang pedangdut terkenal dengan 9 orang melapor sebagai korban pelecehan seksual.

Apalagi, anak-anak memang menjadi sasaran empuk paedofil karena mereka biasanya lemah, penurut, dan mudah dibujuk atau diancam.(Baca juga: Boneka Seks Berwujud Anak-anak Ini Diklami Mampu Kendalikan Pelaku Paedofil

Berikut ini beberapa tips untuk melindungi anak agar tak menjadi korban paedofilia:

1. Percaya pada apa yang dikatakan anak

Ketika anak-anak mengungkapkan mereka mengalami pelecehan seksual, hampir 98 persen yang dikatakan adalah kebenaran.

2. Awasi anak

Pelecehan seksual terjadi ketika seorang anak sendirian dengan paedofil di dalam mobil, toilet, ruang kelas kosong atau lorong, atau bahkan di daerah tersembunyi dari tempat umum seperti kantong tidur bersama di saat kemping bersama atau bioskop yang gelap. Hindari membiarkan mereka sendirian tanpa pengawasan orang tua.

3. Memantau komunikasi

Orang dewasa yang tidak dikenal tidak diperbolehkan memiliki komunikasi pribadi dengan anak kita melalui SMS, WA, BBM, email, panggilan telepon, atau sendirian dengan mereka.

Jangan lupa masalah kekerasan seksual kepada anak juga bisa melibatkan orang terdekat, seperti paman atau guru.

4. Kata yang benar untuk bagian tubuh