Find Us On Social Media :

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Berolahraga

By Ilham Pradipta M., Kamis, 18 Februari 2016 | 06:00 WIB

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Berolahraga

Intisari-Online.com – Berbagai macam hal kita lakukan untuk menghasilkan tubuh yang sehat. Salah satu caranya dengan berolahraga. Melalui olahraga kesehatan fisik dan mental menjadi lebih baik. Tapi perlu kita perhatikan bersama. Ternyata terdapat beberapa hal yang tidak boleh dilakukan sebelum berolahraga. Berikut penjelasannya:

1. Jangan minum banyak air sekaligusCobalah untuk tidak meminum air secara berlebihhan ketika hendak berolahraga. Bila merasa haus sebelum olahraga, minumlah 16 oz (473 ml) air ketika ingin memulainya. Boleh juga ditambahkan dengan elektrolit.Jika meminum air sekaligus, hal itu akan membuat tubuh terasa ‘penuh’. Sehingga menyebabkan latihan yang tidak efektif. Ginjal pun akan menjadi kewalahan. Mereka dapat memproses satu liter air perjamnya. Bila jumlah air yang berlebihan, akan menyebabkan hyponatremia, keadaan kadar natrium darah yang rendah.

2. Jangan pilih peregangan statisSetiap orang berpikir peregangan yang lama merupakan ide yang baik. Tapi bukanlah  peregangan statis, melainkan peregangan dinamis. Peregangan dinamis dirancang agar tubuh siap memulai olahraga. Peregangan ini juga dapat meningkatkan suhu tubuh dan jangkaun gerak. Di sisi lain, peregangan statis dinilai kurang baik.Studi telah membuktikan, bahwa peregangan statis dapat meningkatkan risiko cedera. Karena peregangan ini dilakukan tanpa adanya pergerakan tubuh secara dinamis. Otot-otot yang masih dingin pun dapat terluka melalui peregangan statis.

3. Jangan berlebihan pada latihan kardioMelakukan latihan kardio selama 20 menit bukanlah ide yang baik. Jika kita ingin membangun otot, cobalah jangan terlalu banyak melakukan kardio. Kardio yang berlebihan dapat merusak jaringan otot. Tapi, jika tujuannya untuk memperkuat ulang atau meningkatkan kebugaran, makan tidak ada yang salah dari sesi kardio.  

4. Waspada terhadap kopiStimulan dapat meningkatkan konsentrasi kita. Tetapi mereka juga dapat menyebakan detak jantung yang cepat. Selain itu kopi juga bisa menyebabkan dehidrasi. Sebuah studi mengatakan, kafein dapat meningkatkan catecholamines, yang berkaitan dengan hormon stres. Selain itu kopi juga dapat menghambat insulin. Akibatnya dapat menyebabkan peradangan pada tubuh.

5. Jangan mengonsumsi minuman berenergiMinuman berenergi memiliki banyak kafein yang dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi. Jantung pun jadi berdetak semakin cepat. Alangkah lebih baik untuk memilih jus segar. Jus segar memiliki  tujuan yang sama dengan minuman berenergi. Tapi jauh lebih menyehatkan—tanpa hula dan lebih alami.  

6. Jangan makan berlebihTubuh kita tentu memerlukan energi kita berolahraga. Tapi, perlu diingat. Jangan makan secara berlebihan. Makanlah makanan bergizi sekitar 45 menit sebelum olahraga dimulai. Cobalah untuk mengonsumsi buah, yogurt, pisang, atau almond. Sebaiknya jangan makan melebihi 200 kalori. Sebab makan terlalu banyak dapat menyebankan kram perut, sakit, atau mual.

(theactivetimes.com)