Find Us On Social Media :

Segeralah Berhenti Berolahraga, Bila Merasakan Lima Tanda Ini!

By Ilham Pradipta M., Selasa, 1 Maret 2016 | 15:00 WIB

Segeralah Berhenti Berolahraga, Bila Merasakan Lima Tanda Ini!

Intisari-Online.com – Kita tentu mengerti, kalau olahraga senantiasa dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Apalagi kebugaran amat baik untuk jantung kita. Namun ada waktu dimana kita perlu berhenti untuk melakukannya. Lalu kapan waktu yang tepat? Berikut penjelasannya.

1. Belum berkonsultasi dengan dokterJika kita berisiko atau menderita penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolestrol tinggi, merokok, atau diabetes tinggi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Mintalah saran dokter sebelum memulai rutinitas olahraga. “Tragedi terburuk adalah kematian yang mendadak ketika berolahraga,” kata Dr. Jonathan Drenzer a family medicine physician pada  Universitas Washington, spesialis sports medicine.

2. From 0 to 100Banyak orang yang memforsir rutinitas olahraganya. Ironisnya, bukan otot yang terbentuk, atau kesehatan tubuh yang meningkat. Tapi malah membuat masalah baru bagi kesehatan jantung kita. Itulah mengapa penting untuk memberi tubuh waktu istirahat yang cukup.

3. Mengalami nyeri dadaKita perlu berhati-hati pada tanda yang satu ini. Menurut Gutati division chief of cardiology  pada University of Arizona College of Medicine, sakit dada merupakan sesuatu yang tidak diharapkan, dan tentunya tidak normal. Ia juga mengatakan, jarang olahraga dapat menyebabkan serangan jantung. Tapi jika kita merasa nyeri atau ada tekanan di bagian dada, khususnya disertai mual, pusing, muntah dan sesak nafas, saatnya untuk berhenti. Segeralah hubungi atau kunjungi petugas kesehatan.

4. Tiba-tiba napas menjadi pendekJika napas kita tidak menjadi cepat ketika olahraga, mungkin artinya kita kurang bekerja cukup keras. Tapi perlu diingat, ada perbedaan antara sesak napas karena latihan, dan sesak napas akibat potensi serangan jantung, gagal jantung, atau asma. Menurut Gutati, bila ada kegiatan olahraga yang biasanya mudah kita lakukan, tapi tiba-tiba menjadi amat berat atau sulit, berhentilah berolahraga. Lalu, kunjungilah dokter untuk memeriksanya.

5. Merasa pusingKemungkinan hal itu dikarenakan kita terlalu memaksakan diri. Atau juga tidak cukup minum dan makan sebelum latihan. Tapi jika makan dan minum tidak membantu, kita perlu waspada. Apalagi bila disertai keringat yang berlimpah, kebingungan, bahkan pingsan. Menurut Gulati, hal ini bisa menjadi tanda dehidrasi, diabetes, tekanan darah, atau masalah sistem saraf. Pusing juga bisa menandai masalah kesehatan jantung kita.

(health.usnews.com/Anna Medaris Miller)