Find Us On Social Media :

Hati-hati, Lima Hal Ini Dapat Memperpendek Harapan Hidup dan Membuat Kita Terlihat Tua

By Ilham Pradipta M., Rabu, 2 Maret 2016 | 13:00 WIB

Hati-hati, Lima Hal Ini Dapat Memperpendek Harapan Hidup dan Membuat Kita Terlihat Tua

Intisari-Online.com – Kita semua mungkin telah tahu kalau junk food, merokok, dan stres dapat meperpendek rentang hidup kita. Selain itu mereka juga dapat membuat kita telihat lebih tua. Tapi sebenarnya bukan ketiga hal itu saja yang dapat menyebabkannya. Berikut ini adalah lima hal yang dapat memperpendek umur, dan membuat kita terlihat tua:  

1. Alergi. Ternyata alergi tidak seperti yang kita kira. Alergi juga dapat membuat kita terlihat lebih tua. Menurut Jessica Krant​,  dermatologist  pada Laser & Skin Surgery Center of New York, perdangan kronis di selaput mata menyebabkan pembengkakan dan gatal-gatal. Hal itu pun membuat gelap kulit kita. Ahasil, kita akan terlihat menua.

2. Tidur berlebihan. Tidur terlalu sedikit tentu akan membuat masalah baru bagi kesehatan kita. Tapi tidur terlalu lama ternyata juga berbahaya. Menurut studi, tidur lebih dari delapan atau sembilan jam, dapat mempersingkat hidup kita. Tidur yang berlebihan pada orang lanjut usia, akan memperlambat penyembuhan cedara atau sakit. Selain itu, 70 persen remaja Amerika Serikat mengalami patah pinggul dan meninggal dalam waktu satu tahun. Hal itu dikarenakan kurangnya aktivitas gerak tubuh.

3. Tubuh yang amat kurus. Kita semua tentu tahu kalau kelebihan berat badan (obesitas) akan menimbulkan masalah kesahatan. Tapi tahukah kita kalau tubuh yang terlalu kurus juga tidak baik bagi kesehatan? Apalagi bila hal ini terjadi pada lansia. Dengan tubuh yang sangat kurus, kita tidak memiliki cadangan ‘amunisi’ untuk melawan penyakit. Tubuh yang amat kurus jelas membuat kita akan terlihat lebih tua. 

4. Kesepian. Kesepian umumnya membuat kita merasa tidak nyaman. Berbicara tentang isolasi, hal ini berkontribusi untuk memperpendek harapan hidup kita. Di lain sisi, ada beberapa orang yang cukup puas hanya berteman dengan beberapa orang saja. Tapi jika tidak memiliki hubungan sosial sama sekali, itu yang berbahaya. Kesepian akan memperburuk kesehatan mental dan fisik kita.

5. Karbohidrat olahan. Cobalah untuk menghindari makanan-makanan olahan. Makanan olahan, terutama karbohidrat putih seperti pasta, roti, dan sereal ternyata tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. Ketiga makanan itu akan meningkatkan gula darah dan insulin. Akibatnya akan meningkatkan risiko peradangan, atau menyebabkan obesitas ke arthritis.

(Anna Medaris Miller/health.usnews.com)