Find Us On Social Media :

Inilah Manfaat Pasti Berjalan Setengah Jam Sehari

By Esra Dopita M Sidauruk, Rabu, 6 April 2016 | 06:00 WIB

Inilah Manfaat Pasti Berjalan Setengah Jam Sehari

Intisari-Online.com - Meski terkesan santai dan ringan, ternyata jalan kaki merupakan aktivitas fisik yang memiliki sejumlah manfaat. Mulai dari memperkuat tulang dan otot, mencegah obesitas, hingga menekan risiko penyakit kardiovaskular (jantung, stroke, dan diabetes). Selain itu, dapat mencegah kepikunan, penuaan, dan kematian dini.

Akan tetapi, aktivitas ini tidak hanya dilakukan sekedar berjalan kaki. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar manfaat berjalan kaki benar-benar dapat dirasakan. Berikut ini adalah manfaat pasti berjalan setengah jam sehari:

1. Durasi

Sejumlah penelitian merekomendasikan untuk terhindar dari berbagai penyakit diperlukan sekitar 30 menit sehari untuk berjalan kaki. Seperti dilansir dalam TheGuardian.com pada 2014, sebuah laporan dari  Ramblers and Macmillian Cancer Support, mengatakan, berjalan kaki selama 30 menit sehari dapat menyelamatkan 37.000 nyawa dari risiko penyakit kanker setiap tahunnya dan 300.000 orang dari risiko terkena diabetes tipe dua.

2. Jumlah langkah

Menurut UK’s National Health Service (NHS), rata-rata orang hanya berjalan sekitar 3.000 - 4.000 langkah per hari. Padahal, untuk mendapatkan hasil maksimal dari berjalan kaki diperlukan sekitar 10.000 langkah setiap harinya.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui manfaat pasti lainnya dari berjalan setengah jam sehari dapat membaca artikel lengkapnya “Manfaat Pasti Berjalan Setengah Jam Sehari” dalam Majalah Intisari edisi April 2016