Find Us On Social Media :

Ini Dia, Lima Manfaat Tidur yang Cukup Bagi Kesehatan Kita

By Ilham Pradipta M., Senin, 25 April 2016 | 15:30 WIB

Ini Dia, Lima Manfaat Tidur yang Cukup Bagi Kesehatan Kita

Intisari-Online.com – Kurang tidur sering dialami banyak orang. Penyebabnya pun berbagai hal, mulai dari pekerjaan yang teramat sibuk hingga insomnia. Padahal, mendapatkan tidur yang cukup dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan fisik kita. Berikut ini adalah manfaat dari tidur yang cukup bagi tubuh:

1. Membantu melawan fluSebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Interal Medicine mengatakan, orang-orang yang tidur selama lima jam atau kurang pada malam harinya, lebih cenderung untuk terserang flu. Orang yang kurang tidur selama tiga hari lebih mungkin untuk mengembangkan flu daripada orang yang tidur delapan jam atau lebih.

2. Meningkatkan latihanLatihan fisik telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk mendapatkan tidur malam yang baik. Sebaliknya, penelitian menunjukkan kalau kurang tidur, olahraga dan latihan fisik pun menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Sebuah studi juga mengatakan, atlet yang menunjukkan kinerja olahraganya menurun karena kurang tidur, membutuhkan waktu yang lama untuk memulihkannya.

3. Membantu menjaga hormon makanTubuh kita memiliki hormon yang bekerja terus-menerus menciptakan rasa lapar dan kenyang. Nah, ketika kurang tidur ghrelin (hormon yang menciptakan rasa lapar) akan terganggu. Studi menemukan rasa lapar akan meningkat ketika kita tidak medapatkan tidur yang cukup. Selain itu, orang-orang yang kurang tidur cenderung untuk memilih makanan yang tinggi kalori.

4. Mencegah migrainDalam sebuah studi di Korea Selatan para ahli meneliti penderita migrain untuk mengidentifikasi hal yang memicu migrain. Mereka mengatakan kalau kurang tidur, kelelahan, dan stres merupakan tiga hal teratas yang dapat memicu migrain. Studi dalam Journal Headache menunjukkan kalau penurunan migrain pada wanita terjadi ketika mereka mendapatkan tidur yang cukup.

5. Melawan obesitasBanyak studi yang menunjukkan hubungan obesitas dan kurang tidur pada anak-anak serta orang dewasa. Hal ini disebabkan oleh sejumlah faktor. Seperti kurangnya aktif secara fisik bagi mereka yang kurang tidur. Atau tingkat metabolisme yang lambat dan peningkatan konsumsi makanan.

(usnews.com/Melinda Johnson)