Find Us On Social Media :

Benarkah Tidur Mengenakan Bra Berbahaya Bagi Kesehatan Payudara?

By Ilham Pradipta M., Senin, 2 Mei 2016 | 14:40 WIB

Benarkah Tidur Mengenakan Bra Berbahaya Bagi Kesehatan Payudara?

Intisari-Online.com – Memiliki rutinitas sebelum tidur merupakan cara terbaik untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Tapi tentunya rutinitas yang menyehatkan. Seperti menggosok gigi, menonaktifkan gadget, meditasi, membaca buku di tempat duduk, atau hal lainnya. Tapi tahukah Anda kalau ada satu rutinitas yang masih diperdebatkan manfaatnya? Yaitu mengenakan bra saat tidur di malam hari.

Para ahli mengatakan tidak ada penelitian atau klaim yang mengatakan kalau bra yang dikenakan selama 24 jam, berbahaya bagi tubuh kita. Terutama pada bagian payudara. Menurut Dr. Holly Pederson, direktur pada  medical breast services di Cleveland Clinic, bra yang ketat atau bra jenis apapun aman bagi tubuh kita. “Tidak ada bukti kalau bra yang ketat dapat membahayakan kita,” ujarnya.

Salah satu mitos yang paling umum mengenakan bra pada malam hari adalah meningkatnya risiko kanker payudara. Tapi menurut para ahli hal itu belum dapat dibuktikan kebenarannya. Sebuah studi pada 2014 di Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle menemukan, tidak terdapat hubungan antara mengenakan bra dengan meningkatnya risiko kanker payudara.

Lalu, adakah manfaat bagi kesehatan kita bila mengenakan bra saat tidur? Beberapa wanita percaya kalau hal itu dapat menjaga bentuk payudara tetap bulat. Tapi menurut Pederson, sebagian jaringan payudara akan digantikan oleh lemak seiring bertambahnya usia kita. Alhasil, payudara akan sedikit menurun. Ia juga mengatakan,  bra yang terbaikpun tidak akan dapat mencegah hal tersebut.

Jadi, jika Anda merasa oke tanpa bra di malam hari, lepaskalah bra itu ketika hendak tidur. Lalu, bagi Anda yang memiliki dada yang lebih besar dan ingin menjaga tetap ditempatnya, mengenakan bra juga bukan ide yang buruk. Tapi alangkah lebih baik bila kita mengenakan bra yang nyaman saat dikenakan. Bra yang lembut dan tak meningalkan garis-garis setelah melepasnya. Hal itu bertujuan untuk membuat tidur semakin nyaman. 

(foxnews.com/Alisa Hrustic)